SDN 226 Optimis Dapat Nilai Tertinggi dari BAN

SDN 226 Optimis Dapat Nilai Tertinggi dari BAN
Posted by:

PALEMBANG –
Badan Akreditasi Nasional (BAN) melakukan penilaian kepada sekolah yang sudah habis masa akreditasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya pembuktian dari berkas yang sudah disusun sekolah. SDN 226 Palembang, misalnya, dua petugas asesor terlihat sedang memberikan beberapa pertanyaan kepada guru terkait Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Dalam pemenuhan penilaian akreditasi tersebut, setiap guru diwawancarai mengenai instrumen akreditasi 2017. Salah satu tim petugas asesor, Sigit Nugroho, mengatakan “Intinya terkait 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) seperti standar isi, proses, kompetensi kelulusan, pendidikan dan lainnya. Dalam instrumen ini, ada 119 poin yang harus dipenuhi sekolah untuk mendapatkan akreditasi baik,” terangnya, Rabu (5/9/18).
Selanjutnya, hasil pengisian instrumen tersebut akan dilaporkan ke BAN Sumatera Selatan untuk diproses dan disidangkan dalam menentukan nilai kepantasan yang diberikan kepada sekolah. “Masa akreditasi ini memang empat tahun, namun minimal dua tahun bisa mengajukan re-akreditasi. Untuk nilai tertinggi agar sekolah mendapatkan akreditasi baik, paling tidak harus berkisar 90-100,” lanjutnya.
Senada dengan hal tersebut, Kepala SDN 226 Palembang Hj Yales Tyawati, S.Pd., M.Si mengaku sudah siap dalam penilaian akreditasi. Bahkan, sekolah ini pun sudah membentuk tim pengembangan SNP yang diambil dari para guru. “Ada 8 tim pengembangan SNP yang kita bentuk dan masing-masing tim harus bertanggungjawab dengan tugas mereka,” katanya.
Namun pihaknya mengkhawatirkan jumlah rombongan belajar (rombel) akan tidak sebanding dengan ruang kelas. Meski begitu, pihaknya tetap optimis bisa meraih nilai akreditasi tertinggi. Sebab, beberapa sarana dan prasarana lain sudah terpenuhi berdasarkan kriteria SNP. “Sebetulnya ada satu poin yang menjadi kekhawatiran, kita memiliki 29 rombel sementara ruang kelas hanya 20 unit. Namun, kami tetap optimis bisa dapat akreditasi tinggi karena persiapan yang kami lakukan sudah mencapai 95 persen,” tutupnya. (Str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses