Sebelum UN, Wajib Lolos UAMBN

Sebelum UN, Wajib Lolos UAMBN
Kepala MAN 3 Palembang Drs Tugiyono MpdI memantau UAMBN di lingkungan MAN 3. Foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Ratusan pelajar Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta kemarin mulai melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang berlangsung hingga Rabu (16/03). Ujian ini sangat penting, untuk mengukur kelayakan siswa MA mengikuti Ujian Nasional (UN).
Salah satunya di MAN 3 Palembang Lokasi ujian tepatnya di Jalan Inspektur Marzuki, Kelurahan Siring Agung, Kecamatan IB I, semua siswa terlihat sibuk mengerjakan soal UAMBN. Ujian tersebut juga diikuti tiga sekolah tingkat MA, selaku penyelenggara MAN 3 dan dua sekolah lainnya SMA Muhammadiyah serta Al-Islamiyah.
Penyelenggara UAMBN dan Kepala MAN 3 Palembang Drs Tugiyono MPdl mengatakan, ujian tersebut merupakan standar kelayakan bagi siswa MA sebelum menjalankan UN pada 4 April mendatang, tempat pengujian UAMBN ini dibagi berbagai tempat. “Ujian itu pun merupakan ujian negara yang harus dituntaskan siswa MA dengan dimonitor oleh Kakanwil secara langsung. Makanya sebelum UN kita lakukan ujian UAMBN terlebih dahulu kepada siswa kelas tiga,” katanya.
Ada lima mata pelajaran yang harus dituntaskan siswa di ujian tersebut. Yakni, materi tentang Aqidah, materi tentang Akhlak; materi tentang Al-quran serta Hadis; materi tentang Figih dan terakhir Bahasa Arab. “Selama tiga hari dilaksanakan dimulai hari ini, ada yang satu atau dua soal kita sesuaikan. Dalam satu materi itu ada 50 soal pilihan ganda menggunakan kertas LJK,” jelasnya.
Dilanjutkannya, setelah siswa dinyatakan lulus UAMBN barulah mereka dinyatakan layak menjalankan UN nantinya. “Hal tersebut sebagai aturan dari Kementerian Agama RI agar siswa dan siswi tingkat MA harus menjalankan uji kelayakan berdasarkan basis sekolah islam yang mempelajari agama,”pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses