Segera Lakukan Tanggap Darurat

Segera Lakukan Tanggap Darurat
Posted by:

MUARADUA – Menindak lanjuti amblasnya jalan di Desa Gunung Raya perbatasan dengan Desa Mekar Sari Kecamatan Warkuk Ranau Selatan pada Minggu (2/9/18) kemarin, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung turun tangan melakukan tanggap darurat.
Pasalnya tanah longsor yang mengancam Jalan Raya Gunung Raya tersebut sudah sangat mengkhawatirkan bagi pengguna jalan apabila tidak segera di tindak lanjuti. Sebab jalan tersebut merupakan akses utama menuju beberapa desa dseperti Desa Mekarsari, Gunung Raya, Kiwis Raya, Bumi Agung, Segigok dan Desa Remanam Jaya.
Dimana akibat terjadinya tanah longsor tersebut masyarakat sekitar sudah sangat resah, mengingat apabila tak segera di tanggulangi maka dikhawatirkan terjadinya penambahan longsor kembali dan akan memutuskan jalan utama tersebut.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, Doni Agusta SKM MM melalui Kepala Seksi (Kasi) Rehap Rekor, Darwis Nurosit S Farm Apt, mengatakan, pihaknya bersama Camat dan staf Kecamatan Warkuk Ranau Selatan langsung mendatangi lokasi tanah longsor yang mengancam akses di 5 Desa tersebut.
“Kita sudah turun kelapangan bersama pak Camat, musibah jalan amblas ini akan segera dilakukan tanggap darurat untuk sementara yakni melakukan penimbunan dengan menggunakan alat berat. Dimana pada bagian bawahnya akan dipasang Cerucup, setelah itu baru dipasang lapisan karung untuk penahannya,” ujarnya.
Akses jalan utama yang melintasi Desa Mekar Sari, terang Darwis memiliki sungai kecil dibawahnya dan terdapat gorong-gorong yang terbuat dari zaman Belanda. Sekarang ini gorong-gorong tersebut sudah menurun hingga mencapai 1 meter. Dan juga siring pembuangan tidak tidak sampai ke sungai hanya terbatas di pinggir jalan yang mengakibatkan tanah longsor.
”Laporan dari Pemerintah Kecamatan sudah kita terima dan akan kita laporkan kepada pak Bupati mengenai permintaan masyarakat yang minta di bangun beronjong atau talud di sisi kiri dan kanan jalan,” terangnya. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses