Sekolah Libur 3 Hari

Sekolah Libur 3 Hari
Posted by:

PALEMBANG – Hari ini sekolah di Sumatera Selatan (Sumsel) mulai diliburkan. Pasalnya Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah mengelurkan surat edaran. Dimana untuk libur menjelang bulan ramadhan atau bulan puasa mulai dari tanggal 16 sampai 18 Mei.
Kepala Disdik Provinsi Sumsel Drs Widodo MPd mengatakan menyambut bulan Ramadhan pihaknya sudah meminta SMA/SMK meliburkan siswa/i nya. Soalnya hari pertama 1 Ramadhan 1439 Hijriah sendiri jatuh pada tanggal 17 Mei, sehingga saat ini baik pelajar, guru dan tenaga kependidikan akan diliburkan dari tanggal 16-18 Mei 2018. “Makanya tanggal 19 Mei nanti, mereka sudah masuk seperti biasa,” katanya.
Tak hanya memberi waktu libur dalam menyambut ramadhan, dalam edaran tersebut Disdik Sumsel pun mengimbau setiap sekolah untuk melakukan pengurangan waktu 10 menit per satu jam pelajarannya. “Waktu untuk masuk sekolah juga dilebihkan 30 menit dari jam normalnya,” jelasnya.
Selain itu, lanjut dia, dijadwalkan pada tanggal 21-26 Mei 2018 pelajar SMA/K kelas X dan XI akan melaksanakan ujian teori. Di mana sebelumnya pada tanggal 9-15 Mei mereka telah melaksanakan ujian praktik. “Setelah itu baru dilanjutkan dengan kegiatan pesantren ramadhan yang memang sudah menjadi agenda rutin tahunan saat ramadhan,” bebernya.
Sementara untuk jadwal libur lebaran sendiri Widodo menjelaskan, telah dijadwalkan pada 8-24 Juni 2018 dan libur semesteran pada tanggal 25 Juni hingga 14 Juli 2018. “Bagi raportnya itu tanggal 7 Juni 2018. Jadi mereka (pelajar) akan libur selama hampir sebulan dari libur lebaran ditambah libur semesteran,” ungkapnya.
Hal sama dikatakan, Kepala Disdik kota Palembang H Ahmad Zulinto mengatakan dalam libur untuk jenjang SD/SMP juga hampir sama dengan jenjang SMA dan SMK, di mana saat masuk libur menyambut ramadhan pelajar kelas XII dan XIII akan melakukan ujian semesteran. Dan waktu liburnya pun sama seperti jenjang SMA maupun SMK. “Nanti tanggal 14 Juli akan ada masa pengenalan lingkungan sekolah (PLS) untuk siswa tahun ajaran baru. Sementara tanggal 16 Juli 2018 setiap pelajar akan belajar seperti biasanya,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses