Sekolah Rujukan Masih Terakreditasi B

Sekolah Rujukan Masih Terakreditasi B
Posted by:

 

PANGKALAN BALAI – Kepala satuan pendididikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Zulfa SPd berharap mendapatkan nilai akreditasi A tahun 2018, setelah dilakukan visitasi oleh tim Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Sumatera Selatan.

 

Nilai akreditasi A sangat wajar karena berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sudah memenuhi kreteria kenaikan nilai, baik secara sarana, Sumber Daya Manusia (SDM) serta pendukung dari delapan standar nasional lainnya.

 

Pernyataan tersebut dikemukakan dia terkait akreditasi dilakukan oleh BAN Sumsel pada awal September 2018 lalu. “SDN 1 Banyuasin III, memang sudah diakreditasi, hanya saja nilainya belum keluar,” kata dia pada Harian Banyuasin kemarin.

 

Menurut dia, akreditasi ulang tahun 2018 dilakukan, guna mengukur Standar Pelayanan Minimal (SPM) di SDN 1 Banyuasin III, sebab lima tahun silam SDN 1 Banyuasin III hanya mendapatkan nilai akreditasi B.

 

Dia juga mengakui, untuk standar pendidik dan tenaga pendidikan (PTK) atau ketersediaan SDM sudah cukup memadai, karena PTK di SDN 1 Banyuasin semuanya sarjana strata satu (S1), baik pegawai negeri maupun honorer.

 

Sedangkan standar isi memang dalam proses peningkatan, termasuk juga standar lulusan sudah cukup baik, standar pengelolaan dan standar pembiayaan sudah cukup memadai. Sama halnya dengan standar pembiayaan tidak mengalami kendala.

 

“Jadi sangat wajar kalau SDN 1 Banyuasin III mendapatkan nilai akreditasi A, apalagi sejak dua tahun terakhir SDN 1 Banyuasin III sudah ditunjuk sebagai sekolah rujukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk tingkat SD di Kecamatan Banyuasin III,” ujar dia.

 

Sebagai sekolah rujukan, kata dia, memang banyak sekali program harus dipenuhi, terutama kegiatan ekstrakulikuler, sebab SDN 1 Banyuasin III sudah melakukan full day school atau proses belajar selama lima hari dalam satu minggu.

 

“Proses belajar mulai dari Senin hingga Jumat, selama delapan jam dalam satu hari. foll day school dilakukan sesuai dengan tuntutan pemerintah pusat, sehingga programnya sudah bergulir satu tahun terakhir,” pungkas dia. (muk/hb)  

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses