Sepi, Paripurna Diskors 3 Kali

Sepi, Paripurna Diskors 3 Kali
Posted by:

 

 

Palembang.-

Rapat paripurna DPRD Sumsel Ke-47 dengan Agenda Pergantian Ketua DPRD Sumsel menetapkan Muhammad Yansuri SIp sebagai Pelaksana Tugas (Plt), Ketua DPRD Sumsel, menggantikan Plt Ketua DPRD Sumsel sebelumnya Uzer Effendi yang berasal dari Fraksi PDIP, mengalami skors hingga tiga kali karena tidak kunjung quorum.

Rapat paripurna baru bisa dilanjutkan setelah jumlah anggota dewan yang datang memenuhi syarat 50 persen plus 1. Dalam rapat paripurna, semua yang hadir sepakat untuk memilih M Yansuri sebagai Plt Ketua DPRD Sumsel, menyusul akan berlangsungnya agenda penandatanganan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) dalam waktu dekat.

“Kita berharap Ketua DPRD Sumsel definitif segera dilantik. Pasalnya Plt tidak bisa menandatangani keputusan penting, termasuk untuk APBD-P nanti. Makanya kami sepakati untuk menunjuk salah satu dari tiga pimpinan DPRD untuk menjadi Plt Ketua DPRD Sumsel agar pengesahan APBD-P tidak tertunda,” ungkap Yansuri saat diwawancarai, Senin (13/8/18).

Diakui Yansuri, kalau kursi Ketua DPRD Sumsel sepenuhnya milik PDIP sebagai partai pemenang di Pemilu 2014. Namun sampai saat ini PDIP masih belum menetapkan Ketua definitif. “Kalau SK mendagri turun hari ini, maka besoknya langsung dilakukan pelantikan,” pungkasnya.

Karena posisi ketua definitif sengat penting untuk pengesahan APBD-P yang sudah dekat, serta  penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih, menyusul telah diserahkannya surat penetapan tersebut oleh KPU Sumsel kepada DPRD Sumsel.

“KPU Sumsel sudah menetapkan Gubernur Sumsel terpilih, makanya kita harus segera banmus dan kemudian langsung disampaikan ke Mendagri untuk melakukan penjadwalan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur. Pergantian ini tidak menyalahi aturan, ini supaya roda pemerintahan bisa tetap berjalan,” ujarnya.

Sementara itu, Robby Budi Puruhita, Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Sumsel engan berkomentar panjang lebar terkait ketidakhadiran anggota fraksi PDIP Sumsel. ”Dalam waktu dekat fraksi PDIP segera mengajukan nama ketua DPRD Sumsel definitif dari fraksi PDIP,” katanya.(del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses