Serapan SMK Bisa Diakses Online

Serapan SMK Bisa Diakses Online
Posted by:

PALEMBANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), SMK Negeri 3 Palembang memberikan pengoptimalan penyerapan tenaga kerja. Salah satunya dengan menggandeng berbagai Dunia Usaha (Dudi) yang dapat diakses melalui bursa kerja secara online.
Kepala SMKN 3 Palembang Dra Hj Hernawati MM mengatakan memang untuk kerja sama pihaknya selalu menggandeng pihak dudi, tentu saja dengan perkembangan teknologi sekarang alumni siswa/i SMK bisa melihat perkembangan lowongan dangan melalui media sosial atau media secara online. “Alhamdulilah alumni banyak terserap melalui Dudi. Sebab bursa kerja sudah dilakukan sejak berdirinya SMK,” katanya.
Pihaknya melakukan berbagai aktivitas penelusuran tamatan (pendataan) informasi pada alumni, baik secara ataupun mengunakan website. “Ya, ini juga untuk mempermudah alumni SMK bisa mendapatkan pekerjaan, meskipun saingan lulusan SMK cukup banyak, namun kita optimis lulusan SMKN 3 Palembang bisa diserap oleh perusahan industri,”jelasnya.
Lebih jauh dijelaskan, SMKN 3 Palembang telah lama menerapkan system pembelajaran avokasi 70 % praktek dan 30 %, diantaranya keahlian Perhotelan, Pemasaran, Administrasi Perkantoran sesuai dengan jurusan yang ada sekarang. “Lulusan SMK sesuai dengan misi, selain menjadikan tenaga kerja terampil sesuai bidang perusahan yang diminta, kita juga harus mampu menciptakan lapangan kerja sendiri,” bebernya.
Ia mengaku, di SMKN 3 Palembang telah lama melaksanakan sistem pendidikan ganda, hanya saja saat ini lebih ditingkatkan lagi sistem pendidikan dua minggu sekolah dan dua minggu praktek. “Kita ingin alumni dapat memiliki keterampilan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian,” ungkapnya,
Sementara itu, Kabid SMK Disdik Sumsel Herlina mengatakan sebeneranya suatu organisasi bisa mewadai lulusan SMK agar dapat terserap di dunia Industri (Dudi). Makanya Disdik selalu menghimbau kepada SMK untuk tetap memberikan kabar terbaru mengenai lowongan pekerjaan. “Ya, kita tahu setiap anak sudah bisa mengakses internet, tentu jika ada lowongan terbaru sekolah dapat mengirimkan pesan ke siswa melalui baik melalui email, media sosial, atapun di website sekolah masing-masing. Sehingga layanan serapan ini bisa terserap di Dudi khususnya wilayah Sumsel,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses