Sering Melanggar, Caleg Kena Tegur


Sering Melanggar, Caleg Kena Tegur
Posted by:

Kamboja, Palembang Pos.-
Rekomendasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Palembang  soal pelanggaran Calon Legislatif (Caleg) telah ditindaklanjuti KPUD setempat.Tindakan KPUD dengan mengirimkan surat kepada Partai Politik (Parpol) untuk menertibkan atribut Calegnya.
Tetapi apa sanksinya jika Caleg tetap membandel dan tidak mengindakan aturan terkait pemasangan atribut? Ketua KPUD Kota Palembang, Abdul Karim Nasution menegaskan, sesuai dengan PKPU No 15/2013, sanksi yang bisa dikenai ke Caleg jika selalu melakukan  pelanggaran sebentuk teguran tertulis.
“Sebenarnya, pencabutan atribut secara paksa sudah merupakan sanksi yang memang harus ditaati Caleg,” jelas Karim.Namun lanjut Karim seringkali Caleg juga terkadang tidak memahami tentang aturan zona kampanye. “Sehingga pelanggaran terkadang sering dilakukan,” tandasnya.
Pihaknya sendiri (KPUD Kota Palembang,Red) lanjut Karim tak hanya memberikan surat pemberitahuan ke Caleg melalui  Parpolnya namun diiringi dengan pemantauan ke lapangan.”Dan sejauh ini, langkah yang kita lakukan terkait rekomendasi Panwaslu juga ditindaklanjuti dengan pengawasan,” ucapnya.
Bagaimana jika teguran tentang pelanggaran atribut  juga tidak diindakan Caleg. Apa langkah KPUD? “Jika ini terjadi, tentu Caleg tersebut secara otomatis akan kena sanksi sosial dan psikologis di masyarakat terutama pemilih dan tentu ini juga merugikan Parpolnya,” tandasnya.
Selain sanksi sosial kata Karim, pelanggaran yang dilakukan berulang-ulang oleh Caleg, akan kembali disanksi teguran baik oleh Panwaslu dan KPUD sendiri. “Ini tentu akan merugikan Caleg dan Parpol dalam terkait integritasnya,” pungkas Karim. (rob)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses