Sewa Mobil Rental Digunakan Untuk Mencuri

Sewa Mobil Rental  Digunakan Untuk Mencuri
Dirreskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Daniel T M Silitonga saat meminta keterangan pelaku Rusli alias Uli, Rabu (28/9). Foto Agus Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Komplotan spesialis pencuri rumah ini lebih memilih untuk merental mobil dalam setiap aksinya. Hal ini agar lebih aman dan dapat memuat lebih banyak barang hasil curian.Pelaku yang diamankan atas nama Rusli alias Uli (39) beserta kedua rekannya, Jhoni Tarmezem (43) dan Rahmat Hidayat (26), warga Plaju dan Rambutan Banyuasin. Diketahui komplotan ini sukses melakukan aksinya sebanyak dua kali. Bahkan, saat melakukan pembobolan konter ponsel di kompleks perumahan valencia Jalan Tegal Binangun Kecamatan Plaju Daratpada Jumat (2/9) sekitar pukul 03.30 WIB, ketiganya berhasil menggasak ponsel sebanyak 30 unit yang terdiri dari berbagai merek.

Dihadapan polisi, pelaku Rusli mengaku modus yang digunakan dalam aksinya yakni dengan menyewa mobil rental yang selanjutnya ia dan kedua rekannya keliling untuk mencari mangsa. Setelah menemukan calon sasaran, ia dan kedua rekannya langsung membobol toko dengan menggunakan linggis.”Kalau saya hanya menunggu di mobil sembari mengawasi suasana di sekitar lokasi sedangkan yang beraksi Jhoni dan Rahmat,” jelasnya saat dihadirkan pada gelar tersangka dan barang bukti di Polda Sumsel, Rabu (28/9).

Saat melakukan aksi di lokasi tersebut, dikatakannya, ia dan kedua rekannya, Jhoni dan Rahmat berhasil menggondol sebanyak 30 unit ponsel berbagai merek. “Langsung kami jual cepat ke Pasar Cinde Palembang dan laku 3 juta semuanya. Dari itu, saya mendapat Rp 700 ribu sedangkan Jhoni dan Rahmat masing-masing Rp 600 ribu kemudian sisanya untuk bayar rental mobil dan beli bensin,” terangnya.

Setidaknya, masih dikatakannya, ia dan kedua rekannya, Jhoni dan Rahmat telah melakukan aksi pencurian dengan modus tersebut sudah sebanyak dua kali ini. Pertama, dilakukannya di sebuah toko di Prabumulih sekitar sebulan yang lalu.”Sebenarnya mau beraksinya lebih dari dua kali tapi yang lainnya gagal karena dipergoki terlebih dahulu,” ungkapnya. Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel, Kombes Pol Daniel TM Silitonga didampingi Kasubdit III Jatanras, AKBP Hans Rahmatullah Irawan, saat dikonfirmasi mengatakan, ketiga pelaku diamankan Minggu (25/9) sekitar pukul 08.30 WIB, saat berada di Jalan Perintis Kemerdekaan arah Dusun Pegayut.

“Karena sempat hendak melarikan diri, sehingga ketiganya pun akhirnya kita lumpuhkan dengan timah panas,” jelasnya. Dari penangkapan tersebut, dikatakannya, berhasil diamankan barang bukti berupa mobil rental, lainggis, pedang serta senapan angin yang digunakan tersangka saat beraksi.”Dari hasil pemeriksaan, menurut pengakuannya baru dau kali berksi tapi semua itu masih akan kita dalami,” terangnya. (cw02)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses