Siaga, 1.200 Vaksin Rabies

Siaga, 1.200 Vaksin Rabies
Posted by:

 

 

LAHAT – Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, siaga 1.200 dosis vaksin rabies. Ini sebagai langka awal mencegah serangan rabies terhadap anjing peliharaan warga. Walau Kabupaten Lahat sebenarnya bukan wilayah endemik rabies.

Kabid Keswan Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir Nursiwan, menyatakan akan terus melakukan pengontrolan. Apalagi beberapa wilayah, seperti Kecamatan Muara Payang, Tanjung Sakji, Jarai, dan Kota Agung, hewan jenis anjing banyak dipelihara masyarakat sebagai penjaga kebun.

“Belum kita temukan ada anjing yang fositif rabies, kalaupun ada tetap diberikan vaksin. Karena aturan perlindungan hewan, tidak memperbolehkan untuk dilakukan eliminasi atau dibunuh,” ujar Nursiwan.

Bukan hanya mengontrol hewan peliharaan masyarakat, pengontrolan terhadap anjing liar juga dilakukan. Guna meningkatkan kewaspadaan akan munculnya gigitan anjing yang menyebabkan penyakit rabies pada manusia. Selain itu juga untuk mengontrol populasi anjing liar, yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

“Paling tidak tiap enam bulan satu kali, atau satu tahun satu kali. Belum ada laporan kejadian, gigitan anjing rabies. Kita ingatkan kepemilik hewan untuk tidak lupa vaksin, bisa datang langsung ke kantor. Stok vaksin di kita, cukup banyak,” ujar tambah dokter hewan, drh Hida. (rif)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses