Siapkan Pengamanan 3 Lapis

Siapkan Pengamanan 3 Lapis
Posted by:

Banyuasin, Palembang Pos, –
Polres Banyuasin menggelar latihan pengamanan pemilihan legilatif (pileg) pada 09 April mendatang. Dalam latihan tersebut, Mapolres mengerahkan tiga lapis pasukan untuk mengamankan aksi unjuk rasa, yang bermaksud mengagalkan pleno yang akan dilakukan KPUD Banyuasin.
“Latihan ini memang difokuskan guna untuk mengantisipasi  ganggunan keamanan yang terjadi pada pra dan pasca pemungutan suara, dengan mengerahkan seluruh kekuatan Mapolres Banyuasin untuk melakukan pengamanan,”kata Kapolres Banyuasin, AKBP Ahmad Iksan, di Halaman Mapolres Banyuasin, Rabu (29/1).
Ia menambahkan dalam menghadapi gangguan kemanan terutama aksi unjuk rasa, pihaknya akan tetap  mengedepankan sikap persuasif dan netralitas. Dengan pengerahan tiga lapis pasukan yang akan diturunkan sebagaimana kondisi dilapangan nanti.  ”Pasukan pengamanan lapisan pertama yang akan diturunkan adalah dalmas pengawal yang sama sekali tidak bersenjata, selanjutnya ketika suasana semakin memanas maka akan diturunkan dalmas lanjutan yang telah dilengkapi rotan dan tameng. Dan puncaknya ketika aksi massa tidak dapat lagi dikendalikan pihaknya akan menurunkan pasukan Anti Huru Hara (PHH) yang memiliki pelengkapan dengan gas air mata. Serta petugas pemadam kebakaran yang akan menembakkan air ke kerumunan massa,” bebernya.
Sementara itu, Kabag Ops Polres Banyuasin, Kompol Rahmad Sihotang menegaskan, dalam pengamanan Pileg dan Pilpres yang akan diadakan nanti, pihaknya akan mengerahkan sedikitnya 499 personil untuk melakukan pengamanan pelaksaanaan pemungutan suara. “Kita akan mengerahkan 499 personil dalam pengamanan TPS , jumlah tersebut belum termasuk petugas yang akan mengamankan aksi unjuk rasa yang kemungkinan terjadi,”kata Sitohang.
Ia menambahkan, pihaknya akan menempatkan petugas di beberapa titik rawan yakni KPUD, Panwaslu , dan beberapa kantor pemerintahan serta obyek vital. (far)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses