Siapkan Saksi Berlapis di TPS

Siapkan Saksi Berlapis di TPS
Posted by:

Palembang, Palembang Pos.-
Saksi gratis yang dijnajikan oleh pemerintah masih belum jelas. Namun hal itu tidak mempengaruhi langkah partai politik untuk mengamankan suaranya pada pemilu 9 April mendatang. Bahkan sejumlah partai politik di Sumsel telah menyiapkan saksi berlapis untuk didalam maupun diluar TPS yang tersebar diseluruh wilayah di Sumsel.
Ketua POK DPP PAN, yang juga Caleg DPR RI Dapil Sumsel 1 Hafisz Tohir mengaku akan menyiapkan saksi berlapis untuk mengawal rekap suara disetiap TPS. ”Saya  sudah merekrut saksi. Dimana setiap  TPS akan diterjunkan 2 saksi. Yang akan dibantu oleh relawan,” kata Hafisz, kamis (13/2) kemarin.
Dengan adanya saksi disetaiap TPS, maka kemungkinan terjadinya kecurangan pada rekap suara sangat kecil. ”Saksi ini sangat penting, karena saksi merupakan kunci kemenangan di pemilu. Selama ini kita sering lalai dengan keberadaaan saksi, apabila saksi tidak akurat memberikan data di lapangan, berarti memberikan peluang dan ruang kompetitor untuk bermain,”ungkapnya.
Agar para saksi ini memahami tugas dan fungsinya, Hafisz mengaku dirinya bersama PAN telah memberikan pembekalan, sehingga mereka bisa memberikan data yang akurat. Selain dirinya, PAN juga akan menerjunkan saksi disetiap TPS seluruh Indonesia.  Hal yang sama dilakukan oleh Partai Gerindra Sumsel. Menurut Ketua DPD Gerindra Sumsel, H Nur Iswanto didampingi Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra Sumsel, H Budiarto Masrul mengatakan, partainya telah menyiapkan saksi untuk setiap TPS.
”Ada tidaknya saksi dari pemerintah, kita tetap siapkan saksi sendiri untuk semua TPS se Sumsel. Selain itu, kami juga menyiapkan 20-25 saksi untuk diluar TPS. Mereka ini adalah kader dan relawan partai gerindra yang secara sukarela ingin memenangkan Gerindra dan menjadikan Prabowo sebagai presiden RI,” jelasnya.
Jadi, lanjutnya, para relawan ini tidak dibayar dan mereka menjadi saksi atas kemauannya sendiri. Namun, lanjutnya, sebelum diterjunkan kelapangan, para saksi ini telah diberi pembekalan terlebih dahulu, baik mengenai cara rekap suara maupun cara menyelesaikan masalah bia ada hal-hal yang menurutnya tidak sesuai. ”Selain menyiapkan saksi, kita juga telah mengintruksikan kepada seluruh kader dan caleg partai Gerindra untuk aktif turun kelapangan  untuk menampung aspirasi masyarakat,” katanya. (del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses