Siswa Belajar di Kelas Alam

Siswa Belajar di Kelas Alam
Siswa SMP Negeri 39 Palembang mengajak siswanya belajar di kelas alam. Foto Angga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Sebagai inisiatif sekolah dalam menghilangkan kejenuhan saat belajar di kelas. SMP Negeri 39 Palembang mengajak siswanya belajar di ruang terbuka atau disebut kelas alam.
Sekolah berlokasi Jl Amin Fauzi Gandus itu, siswa dapat belajar dengan suasana alam. Pastinya mampu mengusir rasa jenuh setiap siswa dengan memanfaatkan lahan berukuran 20 m x 20 m.
Kepala Sekolah SMP 39 Palembang, Drs Marjani Ar MM mengatakan , latar belakang sekolah alam ini untuk menghindari kejenuhan siswa.
Hal ini terlihat jika siswa suka minggat, bosan dan tempat agak kumuh. “Melihat kondisi ini, sekolah ingin menyulap bagaimana anak tidak jenuh dalam belajar. Makanya, kami membuat kelas alam atau ruang kelas terbuka,” ujarnya.
Penerapan kelas alam sudah dimulai sejak Agustus 2015 lalu, baru berhasil efektif dua bulan belakangan dengan keadaan 90 persen. Tentunya kelas alam merupakan pertama di sekolah negeri di Palembang.
“Pemanfaatan kelas alam ini sebagai sarana mengusir kejenuhan siswa ketika belajar. Siswa dapat belajar dengan santai secara bergantian setiap harinya,” bebernya.
Kelas alam ini mampu menampung seluruh siswa sebanyak 565 pelajar untuk mengikuti sholat dhuha bersama setiap pagi, sebagai kelanjutan dari pelaksanan jam ke- nol. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses