SMAN 3 Optimalkan Sarana dan Prasarana

SMAN 3 Optimalkan Sarana dan Prasarana
Posted by:

 

 

 

*Ikut Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2018

 

PALEMBANG – Lomba sekolah sehat tingkat nasional 2018 kini kembali menggelar penilaian terhadap salah satu sekolah yang menjadi pesertanya, yaitu di SMAN 3 Unggulan. Pada kesempatan ini, tim verifikasi sekolah sehat tingkat nasional ini melanjutkan penilaian yang sebelumnya telah dilaksanakan pada bebereapa bulan yang lalu.

Tim verifikasi lomba sekolah sehat tingkat nasional dari Kemendikbud, Akyar mengatakan bahwa ada dua kategori yang dilombakan. “Ada dua kategori dalam lomba ini yaitu Best Performance atau kinerja terbaik dan Best Achievement atau pencapaian terbaik dan setiap kategori memiliki kriterianya sendiri,” ujarnya, Jumat, (21/9/18).

Sementara itu, SMAN 3 Unggulan telah siap secara fisik sekolah karena lomba sehat ini telah diupayakan oleh semua civitas di sekolah tersebut. Kepala SMAN 3 Unggulan Palembang, Purwiastuti Kusumastiwi mengatakan, bahwa dirinya telah mengupayakan dan memaksimalkan dengan baik agar sekolah tersebut menjadi juara pada lomba sekolah sehat tingkat nasional 2018. “Ini merupakan penilaian lanjutan, jadi kita belajar dari penilaian yang pertama. Semua sudah kita optimalkan mulai dari toilet, westafel jugakita usahakan harus ada disetiap kelas,” katanya.

Sementara itu, bobot penilaian untuk kategori best performance ditekankan pada komitmen, upaya pengembangan dan pelaksanaan UKS yang dilakukan tim pembina UKS di tingkat provinsi, kota dan kecamatan serta sekolah. Dan untuk kategori best achievement, dilihat dari kondisi sarana dan prasarana sekolah yang memenuhi persyaratan kesehatan dan pengetahuan serta sikap peserta didik terhadap penerapan kesehatan yang dianjurkan.

Kemudian, ada 25 provinsi yang mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional, terdiri dari 96 sekolah dan terbagi menjadi 4 jenjang, yaitu 23 TK, 24 SD, 25 SMP, dan 24 SMA. “Setelah dilakukan penilaian pertama kami melakukan verifikasi kepada semua sekolah dan hasilnya ada 21 provinsi dari 32 sekolah, 8 TK, 8 SD, 8 SMP, dan 8 SMA,” lanjutnya.

Tahun 2017 lalu hanya SMA Negeri 1 Palembang yang mengikuti lomba sekolah sehat ini. Namun pada tahun ini, di Sumsel ada dua sekolah, yakni SMA Negeri 3 Palembang dan SD Al Zahra Palembang. “Pengumuman lomba sekolah sehat, akan diumumkan pada awal Oktober 2018 melalui email dan surat,” tutupnya. (Str)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses