SMAN 6 Ancam Polisikan LSM

SMAN 6 Ancam Polisikan LSM
Posted by:

*Pencemaran Nama Baik

PALEMBANG –
SMAN 6 Palembang bersama pengurus Komite mengancam akan mempolisikan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Palembang, yang diduga telah menuduh lembaga pendidikan ini melakukan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang tidak transparan, serta melakukan pungutan liar (pungli).
Demikian dikatakan Sekretaris Komite SMA Negeri 6 Palembang, Riduansyah SH MH serta didampingi Kepala SMAN 6 Maryati. Menurutnya, untuk masalah ini komite bersama perangkat sekolah, tengah mengumpulkan beberapa alat bukti guna membuktikan kalau tuduhan yang dialamatkan ke SMAN 6 tidak benar.
“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian. Persoalan ini harus diselesaikan ke ranah hukum karena sangat meresahkan dan mencoreng nama baik sekolah,” katanya,
Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu proses pengecekan dari Ombudsman, terkait laporan yang ditujukan ke SMAN 6. “Apabila sudah selesai dan tidak ada fakta terhadap tuduhan itu, maka pastinya oknum LSM tersebut harus mempertanggungjawabkan apa yang sudah mereka lakukan. Jika mereka tidak ada upaya memperbaiki kesalahan ini, kami akan melaporkan ke pihak Polda Sumsel,” jelasnya.
Sebelumnya Sriwijaya Coruption Whatch (SCW) Sumsel menggelar aksi demo di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumsel, Rabu (18/7/18). Dimana mereka meminta Ombudsman Perwakilan Sumsel memanggil Kepala SMAN 6 terkait transparansi penerimaan Perserta Didik Baru tahun ajaran 2018. Koordinator Aksi M Almi menyebut jumlah siswa yang diterima oleh SMAN 6 ada yang janggal. “Yang diterima dari jalur tes 320 orang, dan yang melalui PMPA 30 orang. Namun total siswa yang diterima totalnyo 400 orang. Sehingga ada sekitar 50 siswa yang belum jelas asalnya,’ katanya.
Selain itu mereka juga menyoroti sejumlah biaya-biaya yang diberlakukan di lembaga pendidikan ini, yang dinilai sebagai pungli. “Bahasa dari diknas itu uang iuran dan sumbangan. Tapi menurut kami itu pungli. Orang tua siswa berat membayarnya. Bahkan ada orang tua siswa yang meminjam uang dengan rentenir,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses