SMPN 5 Palembang Budidayakan Ikan

SMPN 5 Palembang Budidayakan Ikan
Posted by:

 

 

PALEMBANG –

Meski berada di daerah perairan, namun tidak menyurutkan semangat SMP Negeri 5 Palembang yang beralamat  di Jln. Syakyakirti, Lr. Pancasila No 28 Palembang ini kesulitan untuk menjadikan sekolahnya lebih baik dari sekolah lainnya. Pasalnya ratusan jenis bibit ikan sudah dibudidayakan di area sekolah, hal ini untuk menghilangkan pandangan masyarakat akan bangunan SMP Negeri 5 Palembang yang masih diatas rawa-rawa.

Kepala SMPN 5 Palembang, Khoiria mengatakan jika untuk memimpin SMPN 5 Palembang, tentu bukan perkara mudah. Sebab banyak sekali tanggung jawab, terlebih lagi sekolahnya ini masih berada diatas rawa dan bangunan pun sebagian masih berbahan kayu. “Makanya selama beberapa tahun ini, saya membenahi dan meneruskan rencana kepala sekolah lama, salah satunya membudidayakan kolam air yang berada ditengah sekolah,” katanya.

Dari puluhan SMP Negeri di kota Palembang ini, SMP Negeri 5 Palembang masih diatas sekolah rawa. “Ya, untuk menghilangkan pandangan masyarakat dan pengunjung akan SMP Negeri 5 Palembang, makanya kami setiap bulannya menyisihkan sebagian anggaran untuk pembudidayaan ikan, seperti buat makan ikan dan bibit ikan,” jelasnya.

Memang bangunan SMP Negeri 5 Palembang dari dulu sudah ada kolamnya. “Kami sebagai penerus memiliki inisiatif dengan menyebarkan bibit ikan yang berada di area sekolah ini, malahan area kolam sekolah ini lumayan luas. Kendala yang dikhawatirkan saat musim pasang yang datang setiap satu tahun sekali, dimana area kolam ikut tergenang dengan area samping sekolah sehingga air pun menjadi keruh dan binatang ular pun kadang masuk ke kolam dan memakan ikan disini,” tambahnya.

Pihak sekolah juga tidak berhenti untuk memperbaiki SMP Negeri 5 Palembang agar dapat bersaing dengan sekolah lain. Banyak sekali dampak positif dengan adanya kolam ikan yang berada ditengah sekolah, salah satunya bisa dijadikan pemandangan, lalu juga sebagai tempat praktek belajar. “Kita juga membangun sebuah musollah kecil yang ada di tengah sekolah, alhamdulillah setiap bersekolah khususnya saat pulang, semua siswa wajib melakukan shalat berjamaah di area kelas masing-masing,” tutupnya.(Str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses