Sosialisasikan ke Pemilik Lahan

Sosialisasikan ke Pemilik Lahan
Posted by:

 

 

MUARADUA –  Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pembangunan jalan lingkar yang di mulai dari Kelurahan Kisau hingga ke Dusun IV Desa Pelangki Kecamatan Muaradua segera berlanjut.

Hal ini terlihat dari adanya sosialisasi Sosialisasi Pertemuan dengan warga pemilik lahan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Muaradua,Minggu (26/8/18).

Sosialisasi ini sendiri dihadiri Asiten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hermansyah Said bersama Danramil kecamatan Muaradua Kapten Arm Marzani selaku perwakilan dari TMMD, Pemerintah Kecamatan dan puluhan warga pemilik lahan yang nantinya lahan mereka akan di gunakan untuk pembukaan ruas jalan Pemkab Kelurahan Kisau sepanjang 4,334 kilometer.

Dalam kegiatan tersebut Asisten II Hermansyah Said menyampaikan, pembangunan pembukaan ruas jalan ini nantinya tidak akan bisa terselenggara dari pihak pemerintah saja, melainkan keikutsertaan masyarakat juga lah yang bisa membantu akan kelangsungan pembangunan tersebut.

Maka dari itu, terangnya diharapkan kepada masyarakat pemilik lahan agar dapat mendukung program yang dicanangkan pemerintah  untuk mempercepat pembangunan khususnya pembangunan dibidang Inprastruktur. Sehingga nantinya dengan terbukanya ruas jalan baru ini masyarakat jugalah yang akan dapat memanfaatkannya.

Sementara itu Danramil Kecamatan Muaradua Kapten, Arm Marzani menambahkan, agar kiranya masyarakat pemilik lahan tidak muda terpancing oleh pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab. sehingga akan menghambat proses kelangsungan pembangunan nantinya.

“Manfaat dari Pembangunan jalan ini nantinya untuk memperluas wilayah perkotaan dan juga bertujuan untuk menghindari kemacetan. Bisa kita lihat setiap ada keramaian yang diadakan kendaraan yang sangat ramai sehingga sering terjadi kemacetan,” ingatnya.

Dengan begitu terangnya apabila sudah terbuka ruas jalan yang baru ini nanti, yaitu jalan lingkar Pemkab Kelurahan Kisau otomatis hal itu bisa mengurangi kemacetan, selain itu juga bisa untuk meningkatkan sektor kepariwisataan sehingga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Dalam musyawarah tersebut Habli selaku perwakilan masyarakat pemilik lahan mengajukan permohonan, untuk sisa tanah yang terkena dampak  pembukaan jalan nantinya, agar dapat dilakukan pembuatan surat kepemilikan hak yang Sah atas tanah (Sertifikat) dengan melalui program Prona yang merupakan program pemerintah.

“Bagi lahan masyarakat yang terkena dampak pembukaan jalan, tetapi lahannya hanya sedikit kalau untuk dihibahkan sehingga lahannya tidak ada lagi maka kita harus mencarikan solusinya,” paparnya.

Menyikapi pertanyaan dari beberapa masyarakat tersebut Pihak pemerintah dalam hal ini tim Teknis dari Dinas Pekerjaan Umum dan konsultan perencana bersama TMMD akan mengkaji ulang lagi pada hari Senin (27/8/18) ini, sekaligus untuk melakukan pengukuran kembali lahan milik masyarakat yang terkena dampak pembangunan pembukaan ruas jalan tersebut. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses