Sumsel Dapat Lima Bus Air

Sumsel Dapat Lima Bus Air
Posted by:

PALEMBANG- Untuk menujang Asian Games, maka Kementrian Perhubungan RI memberikan bantuan lima bus air untuk Sumatera Selatan. Kelima bus air ini tiga untuk Palembang, satu untuk Provinsi Sumsel dan satu lagi untuk Pemerintah Kabupaten Banyuasin.
“Bus air ini sama saja seperti bus di darat, hanya ini di air. Nantinya akan diresmikan secara resmi untuk Asian Games,” ujar Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat diwawancarai di Kantor Gubernur, Senin (9/7/18).
Lebih lanjut ia mengatakan, Bus air ini nantinya akan difungsikan selama Asian Games untuk wisata air disepanjang Sungai Musi. Misal nanti bisa dari dermaga Benteng Kuto Besak ke Kertapati. Lalu bisa juga ke Pulau Kemaro dan lain-lain.
“Bus air ini tidak hanya digunakan saat Asian Games, nanti sesudah Asian Games juga bisa digunakan. Untuk oprasionalnya nanti Dishub, mereka yang menyiapkan baik petugas, nahkoda maupun awak busnya,” katanya.
Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel, Nelson Firdaus saat di Kantor Gubernur Sumsel mengatakan, bahwa Bus Air ini kapasitas penumpangnya 20 orang. Dengan kapasitas mesin 500pk.
“Bus Air ini nantinya untuk wisata air. Baik untuk kontingen luar maupun dalam negeri dan juga tamu-tamu yang hadir di Palembang. Untuk operasional selama Asian Games ini gratis dan setelah Asian Games akan dibahas lebih lanjut,” bebernya.
Saat ini, empat bus air sudah tiba di Palembang dan kini sandar di dermaga Kertapati tersebut, diberikan untuk kebutuhan pariwisata di Kota Palembang.
Walikota Palembang, Harnojoyo melalui Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Kurniawan menerangkan, empat bus air yang datang hari ini, dikirimkan Kemenhub kepada untuk Pemkot Palembang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin.
“Ada lima bus air yang kita usulkan Walikota Palembang, H. Harnojoyo, hari ini datang empat satunya datang lagi tanggal 15 Juli,” terangnya, Minggu (8/7/18).
Lebih lanjut disampaikannya, nantinya selama Asian Games, bus akan difungsikan sebagai kapal patroli sekaligus sarana transportasi keterpaduan intermoda antara jalur udara, Light Rail Transit, Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi dan angkutan sungai.
Dimana, kelima bus air tersebut, diperuntukkan tiga untuk Pemkot Palembang, satu untuk Pemerintah Provinsi Sumsel dan satu untuk Kabupaten Banyuasin. Itu akan diberikan usai perhelatan Asian Games.
“Nanti ini dioperasionalkan oleh operator petugas Dishub Kota Palembang, Pemerintah Provinsi Sumsel dan Banyuasin,” ujarnya.
Setelah Asian Games, nanti tiga kapal akan dioperasionalkan untuk sarana operasional wisata air yang saat ini terus digalakkan Walikota Palembang, H Harnojoyo.
Dan nantinya bus air yang untuk Kota Palembang akan diserahkan dan dioprasionalkan oleh BUMD SP2J (Sarana Pembangunan Palembang Jaya) untuk melayani masyarakat Palembang.
“Bantuan kapal ini sudah lama kita ajukan, Alhamdulillah hari ini sampai di dermaga Kertapati dekat stasiun Kereta Api Kertapai. Meskipun harus dibagi dengan Kabupaten Banyuasin dan Pemerintah Provinsi kami cukup senang dengan kedatangan bus air ini,” tandasnya. (cw05/ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses