Sumsel Gandeng Perusahaan Inggris

Sumsel Gandeng Perusahaan Inggris
Posted by:

 

* Hadirkan Mobilitas Zero Emisi

 

PALEMBANG –

SMAN Sumatera Selatan menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan ‘Hydrogen Zero Emission Mobility & Education Program for the 18th Asian Games 2018’.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Teater SMAN Sumatera Selatan ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, yang diwakili oleh Staf Gubernur Bidang Perubahan Iklim, Dr. Najib Asmani, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi yang diwakili oleh Kepala Bidang SMA, H. Boni Syaprian, SE, MM., Managing Director Ecubes Arcola, Dr. Ben Todd dan tim, serta perwakilan dari Serba Dinamik Group. Rabu, (15/8/18).

Sebelumnya, agar tersedianya infrastruktur energi karbon yang ramah lingkungan untuk Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan perusahaan Inggris Ecubes Arcola guna menghadirkan Program Mobilitas Zero Emisi. Pemerintah Sumatera Selatan akan menjalin kerja sama hingga 25 tahun ke depan untuk Program Mobilitas Zero Emisi demi terciptanya lingkungan yang lebih baik.

Kepala SMAN Sumatera Selatan, M. Ridwan Aziz, M.Pd.,  menyampaikan rasa bahagianya sebab sekolah yang ia pimpin tersebut menjadi tempat diadakannya kegiatan yang memiliki segudang manfaat ini. “Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Ecubes Arcola yang telah mempercayakan kegiatannya di sekolah kami. Semoga semua orang yang hadir di kegiatan kita ini dapat memperoleh manfaat dari apa yang telah dipelajari,” katanya.

Kegiatan dengan tema ‘Clean Energy Future’ ini juga diikuti oleh siswa-siswi perwakilan dari SMA Plus Negeri 17, SMA Negeri 1, SMAN Negeri 3 dan SMAN Sumatera Selatan. Disini, siswa-siswi diberikan pelatihan terlebih dahulu mengenai bagaimana menerapkan teknologi berbasis hydrogen sebelum berkompetisi merakit lego berbentuk mobil dengan bahan bakar hydrogen.

“Kalianlah (pelajar) yang akan membangun masa depan. Melalui kegiatan ini kalian bisa belajar merakit dan menguji coba mobil berbahan bakar hydrogen sendiri,” Ujar Dr. Ben Todd, Managing Director of Ecubes Arcola.

Selain mengadakan kompetisi merakit lego berbentuk mobil dengan bahan bakar hydrogen, Ecubes Arcola yang merupakan perusahaan infrastruktur energi bersih dan ramah lingkungan berbasis di London, Inggris, dan memiliki fokus mengantarkan dan memperkenalkan protek serta infrastruktur lintas sektoral melalui teknologi hidrogen, juga memamerkan salah satu mobil berbahan bakar hidrogen miliknya.

Lina Troskialina, salah satu tim dari Ecubes Arcola, mengatakan, “Kedepannya, penggunaan energi hydrogen ini akan menjadi lebih efisien. Sebab fuel cell atau alat yang mengubah hydrogen menjadi listrik dari reaksi kimia ini sangat ringan sehingga mudah untuk dipakai dan dibawa. Bahkan, fuel cell dimasa depan dapat menjadi power dari kendaraan,” tutupnya.(str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses