Surat Suara Pilwako Lubuklinggau Bergambar Paslon Lampung

Surat Suara Pilwako Lubuklinggau Bergambar Paslon Lampung
Posted by:

## Ditemukan Ratusan Surat Suara Rusak

LUBUKLINGGAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Kamis (31/5/18), mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan walikota dan walikota Lubuklinggau (pilwako). Dihari pertama penyortiran ditemukan banyak kertas suara yang rusak, termasuk kertas suara bergambar pasangan calon (paslon) kepala daerah Lampung.
“Jenis kerusakan bermacam-macam, ada yang gambar paslon berbayang, tidak jelas, ada juga fom di depan paslon Lampung tapi di belakang Lubuklinggau,” demikian diungkapkan Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, kemarin.
Menurut Efriadi atau akrab disapa Eef, selain surat suara pilwako, penyortiran dan pelipatan suarat suara juga dilakukan untuk surat suara pemikihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub), yang dilakukan selama 3 hari, yakni 31 Mei – 2 Juni 2018. Dari hasil sortir diketahui terdapat 213 surat suara pilwako yang rusak. Sementara surat suara pilgub yang rusak sebanyak 269.
Dijelaskan Eef, terhadap surat suara pilwako yang rusak tersebut menjadi tanggung jawab rekanan (percetakan). Termasuk kekurangan jumlah surat suara. Karena itu pihaknya akan meminta ganti kepada pihak rekanan tersebut. Sedangkan untuk surat suara pilgub akan dikoordinasikan ke KPU provinsi.
“Yang pilgub kita laporkan ke provinsi rincian suarat suara yang rusak, mauoun yang kurang,” ujar Eef.
Mengenai surat suara yang rusak, dijelaskan Eef, untuk sementara masih disimpan. Pada H-1 seluruh surat suara yang rusak atau lebih bila nanti ada akan dimusnakan. “Pemusnaan dilakukan pada H-1,” ujar Eef.
Sementara itu berdasarkan data KPU Lubuklinggau, jumlah surat suara pilwako berdasarkan BAST sebanyak 159.032. Namun setelah dihitung 158.798 surat suara. Sedangkan yang rusak 213 surat suara dan kurang cetak sebanyak 21. Total kekurangan sebanyak 234 surat suara.
Sedangkan jumlah surat suara pilgub berdasarkan BAST sebabyak 159.032. Setelah dihitung hanya 158.676 surat suara. Yang rusak sebanyak 269 surat suara dan kurang cetak sebanyak 87 surat suara. Total kekirangan 356 surat suara. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses