Tak Ada Anggaran,  BLK “Nganggur”

Tak Ada Anggaran,  BLK “Nganggur”
Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuasin yang nihil kegiatan lantaran tidak ada anggaran, Senin (22/1/2018).
Posted by:

BANYUASIN – Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banyuasin, tahun ini dipastikan “menganggur”. Pasalnya, anggaran yang diajukan untuk kegiatan 2018 ini dipangkas untuk meloloskan dana Pira.

Tidak dianggarkannya kegiatan BKL itu dibenarkan Bupati Banyuasin SA Supriono melalui Kadis Kominfo Banyuasin Erwin Ibrahim, kepada Harian Banyuasin, kemarin. Kata dia, untuk tahun ini baik dinas maupun BLK tidak mendapat anggaran dari APBD Banyuasin.

“Dari informasi Sekretaris Dinaskertrans Banyuasin pak Indra Junaidi, benar untuk tahun ini BLK tak ada kegiatan pelatihan, sebab anggarannya dipangkas. Memang kodisinya demikian, mudah-mudahan tahun depan dapat dianggarkan kembali,” ujar dia.

Menganggurnya BLK, sangat disayangkan masyarakat Bumi Sedulang Setudung. Karena BLK  sebagai tempat pelatihan keterampilan  kerja yang selama ini sangat bermanfaat bagi pencari kerja di Banyuasin.

“Demi Pira sejumlah kegiatan di dinas dipangkas, kalau begini pengangguran malah akan bertambah. Seharusnya dewan jangan egois, walaupun sedikit disisakan anggaran untuk BLK,” ujar Mustakim, warga Suak Tapeh, kemarin.

Kata dia, ponaannya termasuk jembolan dari BLK yang sudah bekerja usai pengikuti pelatihan keterimpilan di BLK tersebut. Namun kata dia, peralatan pelatihan kerja yang ada di BLK sudah banyak yang rusak dan mesti diperhatikan.

“Kalau dari tahun 2016 lalu memang tempat pelatihan maupun mess sebagai tempat menginap sudah banyak yang usang. Bahkan ada sebagaian fasilitas gedung yang mengalami kebocoran, entah sekarang sudah diperbaiki belum,” ujar dia.

Dia berharap pemerintah dan dewan memperhatikan kelayakan gedung. Karena gedung menjadi penunjang kenyamanan dalam mengikuti lahitan. “Ada kegiatan saja, masih banyak penganguran, apalagi kegiatan BLK dihapuskan,” pungkas dia. (her)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses