Tak Ada Parkir Pinggir Jalan



Tak Ada Parkir Pinggir Jalan


Posted by:

Baturaja, Palembang Pos.-
Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kabupaten OKU, Zamzam, menjamin kawasan Pasar Atas, Jalan Akmal, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Baturaja Timur akan bebas dari parkir pinggir jalan.
Pasalnya, tahun ini pihak pasar sudah membangun lahan parkir dilantai dua yang mampu memuat 400 unit kendaraan bermotor. “Pembangunan ini dana swadaya pedagang mampu memuat 400 unit kendaraan roda dua,” ujar Zamzam, kemarin.
Zamzam menjelaskan, untuk sementara lahan parkir lantai dua pasar, hanya diperuntukan bagi kendaraan roda dua. Sementara kendaraan roda empat tidak diizinkan, dikhawatirkan bangunan ambruk.
Ia menjelaskan, pengelolaan parkir dilakukan oleh pihaknya bukan Dishub. “Karena pembiayaannya oleh pihak pasar, maka sepenuhnya pengelolaan distribusi parkir dilakukan pasar. Diharapkan dengan adanya lahan parkir ini, tak ada lagi pengunjung pasar yang parkir sembarangan, seperti dibibir jalan. Sehingga mengganggu aktifitas lalulintas,” ujarnya.
Dibangunnya lahan parkir ini, otomatis memaksimalkan los, kios dan lapak bangunan baru maupun lama dilantai dua. Sebab, tak ada alasan lagi, pedagang kesulitan membawa dagangan ke lantai dua.
“Selama ini, sekitar 200 PKL tak dapat tempat. Sehingga mereka berjualan dipinggir jalan dan trotoar. Nah dengan perluasan ini, mereka akan terangkul dan tak lagi perjualan dipinggir jalan,” ujar Zamzam.
Disinggung distribusi pasar, pungutan resmi untuk lapak sebesar Rp 2.500/hari. Biaya ini untuk kebersihan dan keamanan. Sementara kios Rp 10. 500 permeter per bulan dan untuk los Rp 7.150 per meter per bulan.
“Jika ada pungutan lebih dari ketentuan itu, jangan dilayani. Lapor dulu langsung kepada kami,” tegasnya. (len)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses