Tak Laporkan Dana Kampanye, Parpol Kena Diskualifikasi

Tak Laporkan Dana Kampanye, Parpol Kena Diskualifikasi
Posted by:

Batas Waktu 2 Maret 2014

Kamboja, Palembang Pos.-
Sikap tegas KPU pusat, yang akan mencoret keikutsertaan Partai Politik (Parpol) dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April mendatang jika tak melaporkan dana kampanye, diikuti KPU di daerah.
Seperti KPU Kota Palembang yang akan tegas mendiskualifikasi Parpol selaku peserta  Pileg jika tidak melaporkan dana kampanye. “Batas waktu pelaporan dana kampanye dideadline pada 2 Maret 2014 dan jadwal deadline itu berlaku secara nasional,” ungkap Abdul Karim Nasution,  Ketua KPUD Kota Palembang, kemarin.
Disinggung mekanisme yang akan dijalankan KPUD Kota Palembang, jika ada Parpol yang terlambat atau melewati batas waktu jadwal pelaporan dana kampanye, dikatakan Karim, sesuai instruksi KPU pusat Parpol bersangkutan akan langsung dikeluarkan surat diskualifikasi sebagai peserta Pileg di Kota Palembang.
“Jadi di sini tidak ada teguran atau peringatan secara tertulis dan sebagainya. Jadi mekanismenya langsung dibuat surat keputusan diskualifikasi. “Inilah yang harus ditaati dan ingatkan Parpol. Artinya jangan meremehkan aturan,” tandasnya.
Agar memberikan ruang dan waktu  kepada Parpol melaporkan dana kampanyenya, pihaknya lanjut Karim, memberikan batas waktu hingga pukul 16.00 WIB, kepada Parpol pada tanggal 2 Maret tersebut.
“Terkait pelaporan dana kampanye ini, kita sendiri telah dikoordinir sekaligus sosialisasi sistem pelaporan dana kampanye Parpol untuk tahap kedua, melalui rapat dengan anggota dan Ketua KPUD Sumsel pada Sabtu (8/2) lalu. Tentu kita berharap aturan benar-benar ditaati Parpol agar Pileg berlangsung jujur dan adil (jurdil),” pungkas Karim. (rob)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses