Tambah 8 Persen Pasokan Elpiji 3 Kg

Tambah 8 Persen Pasokan Elpiji 3 Kg
Elpiji 3 kilogram. Foto: Koer Palembang Pos
Posted by:

PLAJU – Konsumsi Elpiji 3 kilogram (Kg) setiap ramadan biasanya mengalami kenaikan. Kondisi ini membuat kelangkaan elpiji 3 kg di beberapa daerah. Namun, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II memastikan jika di Sumsel persediaan elpiji melon ini aman.
Officer Communication and Relations PT Pertamina (persero) Marketing Operational Regional II, Rico Raspati mengatakan, meskipun biasanya permintaan akan tinggi pada bulan Ramadan dan jelang Lebaran, namun saat ini permintaan di Sumsel tetap relatif aman karenapihaknya telah menambah jumlah pasokan elpiji 3 kg sebanyak 8 persen dari jumlah normalnya.

“Kita sudah antisipasi sejak awal sebelum memasuki bulan Ramadan dengan melakukan penambahan dari 560 matrik ton per hari yang kita suplai menjadi 604 matrik ton per hari,” tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Lanjut dia, tidak hanya mengamankan pasokan di agend dan pangkalan saja. Namun pihaknya juga telah melakuan pengisian stok elpiji 3 kg di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sumsel. “Kita sebar di 443 unit SPBU sesuai dengan harga eceran tertinggi (HTE). Yakni Rp14.800 per satu tabung 3 kg,” jelasnya. Rico mengungkapkan, karena adanya penambahan pasokan gas elpiji 3 kg maka terjadinya loading order (memuat) yang ada di Pertamina dalam kondisi gantung (tertahan) sehinggag agen/pangkalan meminta untuk menahan pengiriman kembali elpiji 3 kg ini.

“Mereka menahan, karena stok ditempatnya masih banyak. Jadi kita menunda dahulu, jika memang diminta maka siap kembali dikirmkan,” tegasnya. Sementara disinggung mengenai keberadaan brightgas 5,5 kilogram yang disiapkan untuk menekan pemakaian elpiji 3 kg, Rico menerangkan, keberadaan Brightgas 5,5 kilogram memang diharapkan dapat mengurangi pemakaian elpiji 3 kg yang dipakai hampir smeua lapisan masyarakat. “Sebenarnya, brightgas ini sangat aman dan hemat. Jika dibandingkan elpiji 3 kg dan elpiji 12 kg. Sangat cocok untuk dipakai para ibu karena tidak berisiko besar. karena ini baru tentunya juga perlu bertahap,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk mengenalkan brightgas ini, pihaknya keluarkan promo trade in tabung elpiji 3 kilogram menjadi bright gas 5,5 kilogram selama bulan Ramadan. “Yakni konsumen cukup menukarkan dua tabung elpiji 3 kilogram ditambah Rp100.000 dapat ditukar dengan satu tabung brightgas 5,5 kilogram, atau menukarkan satu tabung elpiji 3 kilogram ditambah Rp211.000. Konsumen akan mendapat regulator dan selang gas elpiji. Saat ini sudah didatangkan 3.000 tabung brightgas dan sudah didistribusikan ke konsumen. Memang belum begitu besar minat masyarakat untuk beralih ke brightgas 5,5 kilogram. Namun kita yakin dan optimis kedepan, masyarakat akan bertahap memilihnya,” ujarnya.

Tak hanya elpiji 3 kilogram lanjut Rico, Pertamina juga menambah suplai untuk elpiji 12 kilogram, khusus elpiji 12 kilogram, pihaknya menambah 10 persen dari pasokan normal yang biasanya 34 ton per hari. Pasokan selama bulan Ramadan mencapai 39 ton per hari untuk elpiji 12 kilogram. Harganya tetap sama Rp127.100 per tabung, dan bright gas Rp131.100 per tabung. “Maka kita yakin aman untuk Sumsel,” tukasnya. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses