Tambah Personel Amankan Debat

Tambah Personel Amankan Debat
Posted by:

LUBUKLINGGAU – Polres Lubuklinggau tingkatkan pengamanan debat publik tahap dua untuk calon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau 2018. Peningkatan pengamanan tersebut dapat dilihat dari penambahan personil dan kelengkapannya.
“Kalau sebelumnya tidak ada Brimob, kali ini Brimob juga ikut diterjunkan,” demikian dikatakan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar, melalui Kabag Ops Kompol Yuda, disela-sela acara debat publik yang dilangsungkan di Gedung Bagas Raya, Kelurahan Lubuk Kupang, Sabtu (23/6/18).
Menurut Yuda, penambahan personel tersebut bukan berarti adanya indikasi ricuh dan lainnya. Namun karena memang Standar Operasional Pengamanan (SOP) sudah seperti itu. “Kita melakukan pengamanan mengikuti SOP yang ada,” ujarnya.
Personel pengamanan sendiri selain dari Polri dan TNI, juga melibatkan Polisi Pamong Praja (Pol PP) termasuk juga Dinas Perhubungan (Dishub). Karena bukan hanya jalannya debat publik saja yang harus diamankan. Namun kelancaran semua aspek juga termasuk arus lalu lintas menuju lokasi debat juga menjadi perhatian. “Selain 207 personel dari jajaran Polres, pengamanan juga diback up 30 personel Brimob, 30 personel TNI, 30 personel Dishub dan 60 personel Pol PP,” jelas Yuda.
Sementara itu untuk kelancaran jalannya debat, seluruh pendukung pasangan calon (paslon) dilakukan pemeriksaan di pintu masuk. Bagi pengunjung yang membawa benda tajam, harus ditinggalkan dipintu masuk.
Pantauan dilapangan, setiap pengunjung yang akan masuk ke dalam ruangan debat, tidak satupun lepas dari pemeriksaan. Termasuk juga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan awak media. Sejumlah barang yang dianggap berbahaya langsung diamankan petugas. Bukan hanya pemeriksaan manual, tetapi pengunjung juga diperiksa dengan alat detektor. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses