Tampung 1.000 Jamaah, Konsep Sederhana

Tampung 1.000 Jamaah, Konsep Sederhana
Masjid Raya Citra Grand City, yang dibangun di lahan seluas 3.400 meter persegi, dan berada di Komplek Citra Grand City. Foto koer/palembang pos
Posted by:

PALEMBANG – Setelah satu tahun pembangunan, akhirnya Masjid Raya Citra Grand City yang berada di Komplek Citra Grand City, tahun ini selesai pembangunannya. Masjid yang berada di lahan seluas 3.400 meter persegi ini, menjadi salah satu fasilitas keagamaan yang disiapkan Citra Grand City.
Jafarudin, Arsitek Project Masjid Raya Grand City mengatakan, untuk desain masjid ini dia tidak berkiblat ke desain masjid-masjid yang ada. “Saya lebih mengutamakan untuk fungsinya saja. Jadi, masjid dibuat senyaman mungkin. Diantaranya, sirkulasi udara dibuat lebih banyak jadi mengurangi pemakaian AC,” jelas Jafar.
Didalam masjid, lanjut Jafar, dipasang kaligrafi nama-nama Allah (Asmaul Husna), serta kaligrafi Nabi Muhammad SAW yang dirancang khusus oleh timnya. “Di halaman juga ada pohon kurma lima batang. Ini melambangkan rukun Islam,” ujarnya.
Untuk kapasitas masjid sendiri, sambung dia, bisa menampung sampai 1.000 jamaah. Agar ibadah jamaah lebih khusyuk, maka parkir kendaraan diletakkan di bagian bawah masjid. “Jadi, tempat parkir kita pisahkan dengan tempat ibadahnya,” bebernya.
Jafar menambahkan, konsep masjid ini sendiri lebih menunjukkan kesederhanaan. Ini terlihat dari warna cat masjid yang lebih menonjolkan warna abu-abu. “Ya, kita ingin terlihat masjid ini benar-benar tempat ibadah, jadi tidak mau terlihat berlebih-lebihan. Pintu masuk dan keluar jamaah juga dibedakan, sehingga lebih tertib,” paparnya, seraya mengatakan untuk pembangunan masjid ini menelan dana sekitar Rp 3,5 miliar.
Rencananya, lanjut Jafar, masjid ini akan diresmikan pada 20 Mei mendatang. “Minggu (8/5) nanti akan ada syukuran selesainya pembangunan masjid. Semoga, nanti masjid ini akan dimakmurkan dengan banyaknya jamaah yang beribadah didalamnya,” harapnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses