Tegaskan Tidak Ada Permintaan Keamanan Khusus

Tegaskan Tidak Ada Permintaan Keamanan Khusus
Posted by:

Palembang-Total 60.000 personel gabungan TNI-Polri akan melakukan pengamanan dalam perhelatan Asian Games 2018. 46 negara peserta yang sudah konfirmasi ikut serta, tidak ada permintaan pengamanan khusus.

Demikian diungkapkan Chief de Mission (CDM) kontingen Indonesia Komjen Pol Syafruddin dalam kunjungannya di kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Minggu (03/06/18) pagi. Dalam kunjungan itu, Komjen Syafruddin yang juga Wakil Kepala Polri (Wakapolri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain dan disambut Kadis Perumahan dan Pemukiman Sumsel Ir Basyaruddin Akhmad, Kadispora Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo, Direktur Utama PT JSC Bambang Supriyanto, Direktur Operasional PT JSC M Ilyas Yahya, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Tidak ada permintaan pengamanan khusus, tapi semua diamankan secara khusus,” kata Syafruddin.

Ditegaskan Syafruddin, pihaknya tidak menunggu adanya permintaan pengamanan khusus. “Diminta atau tidak pengamanan khusus, itu standard olimpic. Saya bulan lalu opening ceremony olimpiade musim dingin di Korea, semuanya diamankan secara khusus,” sambungnya.

Total ada 60.000 personel gabungan TNI dan Polri yang mengamankan Asian Games 2018. Sementara untuk atlet Indonesia dan official yang akan ikut serta, mencapai 1600 orang.

Lebih jauh, Syafruddin menyatakan sudah dilakukan simulasi pengamanan. “Polda sudah simulasi. Soalnya Asian Games ini kalibernya dunia, dengan 46 negara peserta yang sudah terkonfirmasi dari 60 negara di Asia,” tuturnya.

Syafruddin menyatakan seluruh venue yang ada berstandar internasional dan sudah dicek dan verifikasi. “Atlet bowling masih ada yang di Singapura, dan cabor lainnya umunnya masih ada di luar negeri. Masing-masing cabor ada jadwal, kita kontingen tidak punya kewenangan untuk tarik. TC terakhir di bulan Juli, setelahnya baru TC penuh di Indonesia,” bebernya.

Target maksimal sesuai persiapan dan kemampuan atlet Indonesia. Kemudian, Syafruddin menilai gema dan persiapan Asian Games 2018 di Palembang sangatlah baik. “Palembang lebih demam dari daerah lain, bahkan dibanding Jakarta,” urainya.

Sementara Direktur Utama PT JSC Bambang Supriyanto menjelaskan Syafruddin sangat senang melihat kondisi dan persiapan di JSC. Sempat ditanyakan kondisi Dining Hall dan Dapur. “Memang merupakan warisan SEA Games 2011, tapi semuanya dalam kondisi baik dan telah dicek oleh pihak terkait,” tukasnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses