Tekankan Jajaran Awasi Hot Spot

Tekankan Jajaran Awasi Hot Spot
Kapolres Muba AKBP Rahmat Hakim saat meninjau pembukaan lahan dengan cara membakar,
Posted by:

SEKAYU – Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan di Sekayu Musi Banyuasi (Muba) masih terjadi hingga kini. Hal itu bisa disebabkan timbulnya bencana asap. Maka dari itu Kapolres Muba menekankan seluruh Kapolsek beserta jajarannya untuk mengawasi hot spot diwilayah hukumnya masing-masing.

“Tindakan tegas bagi Kapolsek terlebih dahulu bisa dengan pengusulan yang bersangkutan kesatuan atas dalam hal ini Polda Sumsel untuk diganti jika tidak waspada terhadap titik hotspot di wilayahnya,” kata AKBP Rahmat Hakim SIk kapolres Muba.

Penekanan tersebut disampaikan Kapolres Muba seusai meninjau 2 lokasi kebakaran hutan di Kecamatan Lawang Wetan dan Kecamatan Babat Toman didampingi Kabag Ops Kompol Janton Silaban SH MH SIK, Kasat Binmas Polres Muba AKP Wahyu Setyo Pranoto, Kasat Intel AKP Metri Haryadi SH Kapolsek Babat Toman AKP Iskandar.

Lanjutnya, hal ini dilakukan agar para Kapolsek serta jajarannya untuk tetap waspada, agar lebih proaktif dalam menjalankan tugas ini sehingga tidak sampai terjadinya pembakaran lahan baik oleh masyarakat maupun perusahaan.

“Ini tambahan pekerjaan diluar tugas-tugas Polri yg sudah berat tapi bila dilaksanakan dengan niat ibadah untuk menjaga alam kita Insha Allah kita akan mendapatkan pahala,” imbuh Rahmat.

Adapun dua lokasi lahan yang ditinjau Kapolres Muba yaitu di Dusun I Desa Karang Waru Kecamatan. Lawang Wetan titik kordinat 2°49’21.0936 E:103°44’4.8336. Lahan seluas 1/2 Ha ini sengaja dibakar pemiliknya Fahri (52) warga Dusun II Desa Ulak Paceh Kecamatan Lawang Wetan untuk dijadikan kebun sayur-sayuran.

Lokasi kedua adalah Lingkungan 1 Kelurahan Babat Kecamatan Babat toman dengan titik kordinat : 2°44’45.6288 E: 103°36’4408. Belum diketahui penyebab kebakaran lahan seluas 20 meter persegi milik Petrik Sialumumba (46) warga lingkungan 1 Kecamatan Babat Toman ini.
“Dengan mengajak 3 pilar dalam hal ini Kades dan Babinsa untuk bersama-sama waspada dan ikut menghimbau masyarakat nya untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar,” pungkasnya. (omi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses