Telusuri Sungai Sejauh 10 Km

Telusuri Sungai Sejauh 10 Km
Posted by:

Baturaja, Palembang Pos.-
Gabungan Pecinta Lingkungan Universitas Baturaja (Gapura) prihatin, melihat kondisi Sungai Ogan, kian kotor disertai DAS. Kondisi ini menuntut kesadaran semua pihak untuk setia menjaga lingkungan agar tetap lestari.
Penilaian Gapura ini diungkap, Ica koordinator lapangan saat audiensi dengan penjabat Bupati OKU, Drs H Kuryana Aziz, kemarin. Hal ini terkait rencana aksi sosial organisasi itu untuk melakukan menelusuran Sungai Ogan sepanjang 10 Km dari Desa Kebunjati, Kelurahan Saung Naga, hingga Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang.
Aksi digelar selama 3 hari mulai 14-17 Mei, melibatkan ratusan mahasiswa bekerja sama Dinas Kebersihan dan Keindahan (DKK) OKU. Aksi pembersihan sampah sepanjang sungai dan melakukan penanaman pohon sepanjang Daerah Aliran Sungai, dinilai perlu untuk dihijaukan kembali.
“Sungai Ogan masih menjadi sumber kehidupan sebagian masyarakat. Tetapi sangat disayangkan, masih banyak masyarakat belum punya kesadaran menjaga agar tidak membuang sampah ke sungai. Bahkan, sudah berapa banyak DAS tak lagi memiliki pohon karena ulah manusia,” beber Ica.
Rencana Gempar disambut baik Drs H Kuryana Aziz yang mengaku bangga atas inisiatif mahasiswa. “Gagasan adik-adik mahasiswa itu, cukup bagus dan saya sangat mendukung. Jika perlu saat pelaksanaanya nanti, kita libatkan seluruh dinas dan instansi terkiat. Kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan sekaligus kelestarian sungai sebagai sumber kehidupan,” ujar Kuryana. (len)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses