Tempat Pembuangan Sampah jadi Rumah Singgah

Tempat Pembuangan Sampah jadi Rumah Singgah
rumah singgah pak yusuf yang berdekatan dengan tempat penampungan pembuangan sampah masyarakat di Jalan Sukawinata Lorong Soak RT 71. Foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Selama mengais rezeki di area pembuangan sampah, pak Yusuf pun membuat rumah singgah yang beralaskan bekas papan kayu yang telah dibuang masyarakat. Pak Yusuf selama 3 tahun bekerja sebagai pemungut barang bekas di pinggiran Jalan Sukawinatan Lorong Soak RT 71 berdekatan dengan kuburan Cina ini.

Usianya sudah memasuki 42 tahun, tapi semangat dalam mengais rezeki di tempat pembuangan sampah harus tetap dicontoh. Ia pun mengatakan dahulu dirinya pernah bekerja namun berhenti karena habis masa kontrak, makanya Ia lebih memilih profesi ini sebagai tempat mengais rezeki. “Saya sudah 3 tahun bekerja ditempat pembuangan sampah ini, Alhamdulillah walau sampah sekitar bau namun tetap sehat,” katanya.

Setiap ada masyarakat yang buang sampah ke bak penampungan sampah, dirinya bertugas membantu memilah mana yang bisa dijual mana yang tidak berguna lagi. “Untuk penghasilan dirinya tidak menentu, sebab kalu musim hujan dapat 30 ribu. Saat banyak yang buang sampah rumah tangga dirinya bisa mengumpulkan sampai 50 ribu,” jelasnya.

Memang untuk selama ini, dirinya membuat tempat singgah sendiri. Dimana rumah singgah ini berguna baginya untuk menyimpan barang yang bisa jual lagi dan lebih mempermudah dalam bekerja, jika dibawa ke tempat tinggal, takutnya banyak masyarakat mengeluh. “Ya, selama 3 tahun disini dengan bahan beralaskan atap kayu dan sisa kardus masyarakat, saya berinisiatif membuat rumah singgah sendiri,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses