Tempat Usaha Kotor, Izin Dicabut

Tempat Usaha Kotor, Izin Dicabut
Wali Kota Palembang, Harnojoyo saat sidak kebersihan di sepanjang Jl Merdeka dan Sudirman, kemarin. Foto : humas pemkot palembang
Posted by:

PALEMBANG – Wali Kota Palembang, Harnojoyo akan memberikan sanksi tegas kepada pelaku usaha yang tidak memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Tak tanggung-tanggung, izin usaha akan dicabut jika tempat usaha tersebut kotor.
Seperti yang terjadi saat orang nomor satu di Palembang tersebut melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Selasa (22/3) kemarin. Harno berjalan dari depan kantor DJP Pajak Kambang Iwak, sampai ke kawasan Jalan Sudirman. Saat sidak, Walikota menegur para pemilik usaha di sepanjang jalan dan meminta untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat usahanya.
“Tolong ya jaga kebersihan lingkungannya, jangan buang sampah sembarangan, kito jago samo-samo,” imbau Harno.
Bahkan, di salah satu tempat usaha travel di pinggir Jalan Merdeka, Wako sempat geram karena halamannya sangat kotor dan penuh sampah. “Kenapa sampah semua halaman ini, seharusnya dibersihkan,” kata Harno.
Namun, para karyawan usaha travel tersebut, terlihat seolah tidak peduli teguran wali kota ini. “Jangan main-main ya, kalau sampai tidak dibersihkan izin usaha bisa dicabut. Saya tidak minta macam-macam, hanya menjaga kebersihan,” tegasnya seraya meminta lurah setempat untuk melayangkan surat teguran kepada pemilik usaha tersebut.
Tak hanya ruko tempat usaha, beberapa kantor SKPD yang berada di Jalan Merdeka juga sempat ditegur wali kota. “Coba bersihkan ini, kantor SKPD harus jadi contoh, jangan sampai kotor, malu kita sama masyarakat,” ujar Harnojoyo.
Harno menambahkan, kedepan pihaknya sudah meminta kepada lurah untuk aktif mensosialisasikan ke seluruh pelaku usaha, agar tetap menjaga kebersihan. “Kalau bandel, ya dikasih peringatan. Sampai tiga kali masih tidak ada perubahan, ya rekomendasi izinnya dicabut,” pungkasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses