Tergerus, Jalan Kedaton Longsor

Tergerus, Jalan Kedaton Longsor
Posted by:

KAYUAGUNG – Ruas Jalan menghubungkan Kampung 6 dengan kampung lainnya di Kelurahan Kedaton, Kayuagung, terancam putus akibat longsor.

Bangunan jalan dengan konstruksi  cor beton selebar 4 meter menyusuri pinggiran Sungai Komering di Kelurahan Kedaton longsor dan tergerus air. Hal ini, lantaran tak adanya dinding beton penahan atau dam dipinggir sungai.

Meski sudah berlangsung lama, namun belum ada tanda-tanda akan dilakukan perbaikan.

Padahal, jalan ini sangat dibutuhkan warga dan pelajar hendak menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilillah Kayuagung maupun lokasi perkebunan.

Warga khawatir, kalau sampai jalan satu-satu ini tak cepat diperbaiki. Warga yakin air sungai terus mengkikis hingga jalur jalan terputus.

Dikatakanya, pinggiran jalan ini sudah lama longsor. Seperti tak ada kepedulian dan perhatian Pemerintah untuk memperbaikinya. Padahal, jalan ini seringkali dilewati oleh pejabat Pemerintah Daerah (Pemda).

‘’Kenyataannya, belum ada sentuhan untuk melakukan perbaikan. Apalagi untuk melakukan peningkatan pembangunan di pinggiran sungai,” ujar Karim, warga Lingkungan 6 Kelurahan Kedaton, Jumat (15/7).

Masih kata Karim, kalau air sungai naik dipastikan tanah dipinggir badan jalan terkikis. Sebab, tak ada pengamanan seperti tembok beton penahan air disana.

“Dari bangunan yang rusak ini hingga menuju pondok, tak ada tembok penahan. Sehingga tanah pinggir jalan terkikis jika air pasang atau musim hujan datang,”  tutur Karim.

Terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga, Ir H Hapis MM mengatakan, kelemahan pihaknya kurangnya informasi dan laporan dari kelurahan, melaporkan kerusakan maupun belum dibangunnya jalan di dalam kota.

“Kalau jalan dipinggiran Sungai Komering sekarang sudah rusak. Segera lakukan pengecekan dan dibangun secara bertahap,’’ujarnya. (jem)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses