Terkendala Buku-Kemampuan Guru

Terkendala Buku-Kemampuan Guru
Posted by:

Untuk Terapkan Kurikulum 2013

Rivai, Palembang Pos.-
Kurikulum 2013 akan dilaksanakan serentak pada Juli tahun ini, hamun sayangnya, untuk menerapkan kurikulum tersebut masih terkendala buku bahan mengajar dan kemampuan guru menggunakan kurikulum tersebut.
Demikian diungkapkan, Ketua Komisi 10 DPR RI Utut Adianto usai rapat dalam penerapan kurikulum 2013 di ruang rapat bina praja, kemarin. Utut Adianto menambahkan, untuk menerapkan kurikulum 2013 tahun ini serentak di seluruh sekolah, pihaknya meminta masukan dari Sumsel dan Riau.
“Kalau disini kendalanya belum diterima buku ajar siswa dan panduan guru,” ujarnya. Selain itu, lanjut Utut, pelatihan guru didesain 52 jam tetapi dalam penerapannya guru tidak mengikuti pelatihan tersebut secara maksimal,” ujarnya.
Dalam pelatihannya lanjut Utut, guru tidak memanfaatkan pelatihan ini selama 52 jam. Untuk guru diatas rata-rata mungkin bisa mengerti. Tapi kemampuannya belum maju akan susah terutama guru dipelosok. Dalam penerapan kurikulum ini dinas pendidikan harus dilibatkan. Seluruh kendala kita sampaikan kepada Mendiknas ,” katanya.
Mengenai juklas penerapan kurikulum 2013 ini, lanjut dia, juklaknya sama seluruh Indonesia. Dimana untuk SD dari 10 mata pelajaran (Mapel) jadi 6 Mapel, SMP dari 15 Mapel jadi 10 Mapel. Sedangkan SMA dari 17 Mapel ke 15 mapel. “Selain itu, penekanan kurikulum 2013 lebih pada peminatan,” bebernya.
Sedangkan Pengamat Pendidikan, Prof DR Sirozi mengatakan, dalam penerapan kurikulum 2013 ini harus jelas skema pelatihan guru. “Karena guru yang sudah dilatih masih banyak yang bingung. Apalagi yang belum sama sekali dilatih. Selain itu, sebelum karakter anak yang diubah, karakter gurunya juga harus diubah,” bebernya.
Dia menambahkan, untuk buku masih banyak yang belum menerima buku pembelajaran.”Jangankan buku untuk anak-anaknya, buku untuk gurunya juga belum siap. Masalah ini harus segera diatasi ,” tandasnya. (ati)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses