Terletak di Pinggir Sungai, Puluhan Rumah Terancam Gerusan Air

Terletak di Pinggir Sungai, Puluhan Rumah Terancam Gerusan Air
Salah satu rumah penduduk yang berada di pinggir Sungai Komering yang rawan abrasi atau erosi air, Rabu (4/10). Foto Kriss Palembang Pos
Posted by:

MUARADUA – Abrasi (pengikisan atau erosi) Sungai Komering di Dusun Tiga Talang Surau Desa Damarpura Kecamatan Buana Pemaca semakin mengkhawatirkan. Kondisi itu mengancam 22 rumah warga dibibir sungai tersebut karena erosi.Terkait ancaman abrasi ini, dua rumah warga sudah dibongkar dan pindah dari lokasi abrasi tersebut. Tidak menutup kemungkinan pembongkaran rumah tersebut masih bisa bertambah, mengingat masih ada 7 rumah warga yang letaknya persis di bibir sungai dekati abrasi terjadi.

Kepala Desa Damarpura, Tabroni menyebutkan letak ketujuh rumah tersebut kini semakin dekat dengan bibir sungai yang mengalami abrasi, sementara 15 rumah lainnya masih cukup jauh. Cepat atau lambat tidak menutup kemungkinan pembongkaran rumah warga terpaksa dilakukan karena tidak ada lagi pilihan lain kecuali pindah.”Untuk saat ini rumah warga setempat yang sudah sangat dekat sekali dengan bibir sungai sebanyak 7 rumah. Mengingat saat ini curah hujan semakin tinggi dan hampir terjadi setiap hari maka luapan sungai komering terus mengerus tanah yang ada di belakang rumah warga setempat,” ujarnya.

Atas kondisi ini, terang Kades, Pemerintah Desa akan terus memberikan pengertian bagi warga setempat agar kiranya bisa meninggalkan rumah terlebih dahulu. Karena apabila tidak pindah. “Maka menurut saya paling lama satu bulan lagi kemungkinan rumah warga itu akan tergerus air. Makanya kita terus berupaya melakukan himbauan agar warga untuk bisa pindah terlebih dahulu sebelum ada korban,” ujarnya.

Selain itu untuk mencegah agar warganya tidak ada yang menjadi korban baik jiwa ataupun harta benda, ungkap Kades pihaknya juga sangat mengharapkan Pemerintah untuk dapat segera membangun talud di wilayah tersebut agar tanah yang ada di belakang rumah warga tidak kembali tergerus. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses