Tewas Disekap Lima Perampok

Tewas Disekap Lima Perampok
Jenazah Sutoyo, purnawirawan TNI yang tewas disekap kawanan perampok. Foto Lukman/Palembang Pos
Posted by:

MUARA ENIM – Warga Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim, Jumat (29/7), mendadak gempar. Itu terjadi setelah 5 kawanan perampok menggunakan senjata api, menyatroni rumah toko milik Sutoyo (75), purnawirawan TNI, sekitar pukul 04.00 WIB.

Dalam aksinya, kawanan perampok ini menyekap Sutoyo dengan menutup mulut dan wajahnya menggunakan bantal di tempat tidur korban. Akibat penyekapan itu, membuat korban tewas seketika. Sedangkan lima kawanan perampok berhasil membawa kabur uang korban yang berada di tokonya sebesar Rp 20 juta.

Informasinya, pelaku yang diduga berjumlah 5 orang masuk rumah korban melalui pintu jendela kamar yang telah dirusak. Kemudian pelaku masuk kamar korban yang saat itu tengah tertidur pulas bersama istrinya bernama Sujia Sujioto (70).

Di dalam kamar, para pelaku mengancam korban dan istrinya  menggunakan senjata api rakitan. Para pelaku juga sempat mengikat korban bersama istrinya menggunakan tali di kamar tersebut. Setelah itu, pelaku meminta korban untuk menunjukkan uang simpanannya.

Namun korban berusaha melakukan perlawanan dengan berteriak minta tolong. Karena melawan, membuat pelaku membekap mulut dan wajah korban menggunakan bantal di atas tempat tidurnya. Akibat bekapan tersebut, membuat korban sulit bernafas dan tewas di dalam bekapan tersebut.

Kemudian pelaku melakukan aksinya dengan membongkar isi rumah dan ruko korban yang berada di samping rumahnya. Para pelaku berhasil mengambil uang tunai milik korban sebesar Rp 20 juta. Para pelaku juga merusak dan mengambil kamera CCTV yang dipasang korban di tokonya. Selain itu, para pelaku membawa kabur 5 Handphone (Hp) milik anak-anak korban, serta emas 3 suku.      

Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIk MSi, melalui Kapolsek Gelumbang AKP Robi Sugara SH MH, didampingi Kasubag Humas AKP Arsyad, dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. “Sesuai penjelasan istri korban, korban mempunyai riwayat penyakit jantung,” jelasnya.

Menurutnya, dari hasil olah TKP yang dilakukan, para pelaku masuk rumah korban dengan cara merusak jendela. Kemudian masuk ke dalam toko korban yang berada di sebelah rumahnya dengan cara merusak pintu toko tersebut. Pelaku berhasil mengambil uang tunai Rp 20 juta, 5 unit Hp dan 3 suku perhiasan emas.

“Uang mengungkap kasus tersebut, kita telah membentuk tim khusus bersama Polres dan Polda. Sekarang tim opsnal gabungan Reskrim masih dilapangan, untuk melakukan penyisiran dan penyelidikan,” jelasnya.

#Dibegal Siang Bolong

Sementara itu, kawanan begal tidak lagi memilih waktu malam hari dalam melancarkan aksinya. Pasalnya, Rosmala (36), menjadi korban begal di Jalan Rama 8 Maskarebet, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang Alang Lebar, pada Jumat (29/7), sekitar pukul 12.30 WIB.

Saat itu, kawanan begal yang berjumlah lima orang tersebut berhasil membawa kabur motor milik korban. Akibat kejadian ini, warga Jalan Lunjuk Jaya, RT 02/14, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat (IB) I ini melaporkan kejadian ini ke Polsekta Sukarami.

Menurut pengakuan korban, saat kejadian dirinya pulang usai mengantar kakak perempuannya pulang di sekitar lokasi kejadian. Saat berada di tempat kejadian perkara, ada lima orang dengan mengendarai dua motor langsung memepet korban.

“Mereka (pelaku,red) saat itu memakai dua sepeda motor yaitu motor matic Yamaha Mio warna merah boncengan tiga orang, dan satu lagi berbonceng dua orang. Yang berbonceng tiga langsung menendang motor saya, terus aku diancam dengan senjata tajam,” jelasnya.

Usai ditendang dan diancam, para pelaku tersebut langsung membawa kabur motor milik korban. “Mereka langsung kabur ke arah KM 12. Padahal motor itu baru dua bulan aku beli Pak,” ungkap korban.

Kapolsekta Sukarami Kompol Nurhadiansyah mengatakan, bahwa laporan korban sudah diterima. “Saya mengimbau, jika terjadi kejahatan jalanan segera melapor, dan jangan ditunda, karena anggota bisa cepat mengejar pelaku,” tukasnya. (luk/cw02)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses