THR dan Bensin Dibebankan Ke Siswa Baru

THR dan Bensin Dibebankan Ke Siswa Baru
Posted by:

*Walimurid Keberatan
PALEMBANG –
Para orang tua siswa/i baru di SMAN 5 Palembang mengeluhkan dengan sumbangan komite sekolah. Dimana dalama isi surat komite, orangtua siswa/i baru dibebankan dengan biaya sumbangan sebesar Rp. 7.500.000 per siswa, dan saat ini pihak sekolah sudah mengumpulkan Rp.700 juta dari 40 % jumlah siswa baru yang berjumlah 288 siswa.
Hal ini diungkapkan, Wakil Bidang Humas SMAN 5 Palembang Made Suarsana mengatakan, uang yang dibayarkan para siswa itu akan digunakan untuk banyak hal diantaranya untuk pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) guru Rp 60 juta, dan biaya bensin mobil operasional guru dan operasional sekolah Rp. 40 juta.
“Awalnya kita minta Rp 8 juta ke setiap siswa dan akhirnya disepakati komite hanya Rp 7,5 juta setiap siswa,” katanya.
Lanjutnya, dana sumbangan komite sekolah tidak hanya dipergunakan untuk THR guru dan biaya bensi mobil saja, tetapi juga diperuntukkan untuk pembelian meja guru Rp.105 juta, minum sehari-hari guru Rp.12 juta. Selain itu, Pembebasan lahan warga yang digunakan untuk tempat parkir siswa Rp.450 juta, Penerimaan Peserta Didik Baru Rp.30 juta, Perbaikan Rak Sepatu Rp.10,5 juta, dan Pembuatan WC sekolah Rp.60 juta.
“Tidak ada paksaan untuk menyumbang, namun bagi siswa kurang mampu akan dipintai surat keterangan penghasilan orangtua dari RT setempat dan akan diberikan keringanan,” jelasnya.
Sumbangan komite yang dibebankan ke masing-masing siswa ini sempat berjalan alot. “Tetapi kita jelaskan peruntukkannya, ini juga untuk kebaikan sekolah,” ungkapnya.
Sementara itu, salah satu orang tua siswa baru di SMAN 5 Palembang yang engan diminta namanya, mengaku keberatan dengan uang sebesar itu, belum lagi dirinya tinggal mengontrak. “Kalu bisa sumbangan komite siswa SMAN 5 yang sebesar Rp.7,5 juta dikurangi jangan sampai membebani kami, belum lagi pekerjaan orang tuanya hanya wirawasta,” pungkasnya.(roi))

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses