Tiga Daerah Terdampak Letusan

Tiga Daerah Terdampak Letusan
Posted by:

 

 

* Masyarakat Diminta Waspada

 

PAGARALAM – Meski kegempaan gunung api Dempo cenderung mengalami fluktuatif kegempaan, bahkan penurunana aktivitas, jika dilihat fenomena gejolak yang dialami masih berpotensi membahayakan. Pasalnya, status Dempo tak kunjung diturunkan, masih berada di level II atau Waspada.

“Untuk itu diminta kepada masyarakat, terutama tiga Kota/Kabupetan yang berdekatan dengan dampak rawan kawasan letusan, baik itu di Kota Pagaralam, Kabupetan Lahat hingga Kabupaten Empat Lawang agar dapat meningkatkan kewaspadaan. Sebab status gunung masih level II waspada,” tegas Petugas Pemantauan Gunung Api Dempo, Mulyadi, didampingi Megian Nugraha, Minggu (26/8/18).

Menurutnya, aktivitas kegempaan gunung api Dempo sat ini relatif terjadi fluktuatif atau naik turun, meski kecenderungan mengalami penurunan, hal ini berdasarkan seismometer di bibir kawah Merapi-Dempo dan catatan rekaman kegempaan dari alat seismograf.

“Tercatat sejak kemarin nihil kegempaan, baik itu tremor, embusan, vulkanik maupun tektonik, meski statusnya tak kunjung diturunkan ke level I atau normal,” papar Mulyadi.

Lanjutnya, belum diturunkannya status Dempo hingga bertahun-tahun lamanya, bisa dimungkinkan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung memiliki pertimbangan tersendiri, dan tidak mudah gegabah menentukan status.

“Pasalnya, fenomena alam tidak bisa ditebak sebelumnya, seperti yang terjadi di Yogja, gunung Merapi kembali mengeluarkan embusan. Pastinya kita hanya bisa mengantisipasi dan meminimalisir dampak kemungkinan yang ditimbulkan letusan gunung api Dempo,” ucapnya.

Terpenting kata Mulyadi, masyarakat tidak perlu panik dan selalu meningkatkan kewaspadaan, dan diimbau jangan sampai melakukan aktivitas pendakian ke puncak Dempo, karena masih berpotensi membahayakan berjarak radius 3 kilometer dari bibir kawah gunung Dempo. (cw08)  

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses