Tiga JCH Batal Berangkat

Tiga JCH Batal Berangkat
Posted by:

PALEMBANG-Pesawat yang mengangkut Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama embarkasi Palembang telah take off pukul 08.23 WIB pagi melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Rabu (10/8). Dari 450 jamaah yang datang, ada tiga jamaah terpaksa ditunda keberangkatannya dikarenakan faktor kesehatan.

Ketiga jamaah yang sakit tersebut telah dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Setelah dinyatakan layak untuk berangkat, maka jamaah tersebut akan diberangkatkan melalui kloter berikutnya.
Dari tiga kekosongan kursi tersebut, ada dua jamaah asal Ogan Ilir yang tadinya terdaftar di kloter tiga yang menyatakan siap dan layak untuk berangkat di kloter pertama, sehingga jumlah jamaah termasuk petugas yang berangkat pada kloter pertama ini sebanyak 449 orang. Pada kloter pertama ini jumlah jamaah Risiko Tinggi (Risti) faktor usia berjumlah 24 orang. Risti penyakit 190 orang, Risti penyakit dan usia berjumlah 108 orang, dan yang dinyatakan bebas dari Risti berjumlah 128 orang.

Bersamaan dengan keberangkatan kloter pertama di Bandara SMB II Palembang, di Asrama Haji Embarkasi Palembang telah datang jamaah kloter kedua. Adapun jamaah kloter ini berasal dari Muara Enim 248 orang dan Lubuklinggau 197 orang, ditambah lima orang petugas, sehingga kloter kedua berjumlah 450 orang. Pada proses masuknya jamaah kloter kedua ini panitia mendapati tujuh orang JCH yang perlu dibantu menggunakan kursi roda.

Kesemua jamaah yang tiba di Asrama Haji, kemarin, telah dilakukan proses uji kesehatan dan layak berangkat oleh tim Kesehatan Pelabuhan. Dari uji kesehatan tersebut diketahui jumlah jamaah yang tergolong kedalam kategori Risti.
Ditemui disela proses penerimaan JCH, Plt Kakanwil Kemenag Sumsel, Ahmad Fauzie berharap, semua jamaah yang tiba dapat berangkat hari ini (Kamis, 11/8) guna melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.
“Kita berharap tiga orang jamaah calon haji yang tertunda dari kloter pertama hari ini (kemarin, red) dapat segera sehat dan dinyatakan layak untuk berangkat ke tanah suci dan berangkat bergabung dengan kloter kedua yang masuk besok (hari ini, red),” tutur Fauzie.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, berpesan kepada seluruh jamaah haji untuk fokus menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah. Dan kepada para panitia hendaknya bekerja sepenuh hati.
“Asrama haji ini yang terbaik di Indonesia, ada satu janji saya belum terpenuhi yakni Museum Islam,” katanya.

Alex juga mengimbau kepada para jamaah haji untuk memperhatikan fisik, kalau tidak sehat tidak bisa menyelesaikan dengan sempurna. Bahkan dia mengingatkan, agar jangan keluar dari bangunan tanpa pelindung kepala, banyak minum air putih sebanyak-banyaknya bahkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Dia juga berpesan agar uang yang diberikan Rp 1 juta untuk para jamaah haji jangan dihabiskan di Mekkah untuk membeli oleh-oleh, gunakan uang itu untuk transportasi.
“Perjuangan 40 hari disana sangat berat, bayangkan ribuan orang kumpul disana, jadi jangan sampai terpisah dari rombongan, doa kami dari sini semoga mabrur,” pesan Alex.(ety)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses