Timsus Gagalkan Illegal Taping

Timsus Gagalkan Illegal Taping
Agus Wibowo, warga Desa Kubang Jati Ketanggungan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, pelaku illegal taping diamankan di Mapolsek Lembak. Foto: Prabu Palembang Pos
Posted by:

PRABUMULIH – Tim gabungan khusus pengamanan pertamina, kembali menggagalkan aksi pencurian minyak (illegal taping) milik perusahaan plat merah tersebut. Terbukti dengan mengamankan 1 unit mobil truk tangki BG 8025 BB berisi 5000 liter minyak hasil curian.
        
Selain mengamankan barang bukti itu, petugas juga meringkus sopir mobil truk tersebut bernama Agus Wibowo (25), warga Desa Kubang Jati Ketanggungan Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Pelaku ditangkap, dikawasan Stasiun Pengumpul (SP) V Talang jimar Lembak, minggu (28/08) sekitar pukul 23.00 WIB.
        
Dalam pengembangannya, Tim Gabungan khusus yang terdiri dari Polres Prabumulih, TNI dan Security ini juga mengamankan 2 orang pria dan 1 wanita yang diduga ikut terlibat dalam pencurian minyak tersebut berinisial BH (39), warga Kelurahan Sukabangun Palembang.

Kemudian, MA (31), warga Gelumbang Kabupaten Muara Enim dan YM (38). Warga Desa Suka Menang Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Guna kepentingan penyidikan, kini ke 4 pelaku diamankan di Mapolsek Lembak.

Terungkapnya aksi pencurian inyak tersebut, bermula ketika tim gabungan khusus tengah melauka patrol disepanjang jalur pipa milik Pertamina EP Asset 2 ketika melintas dikawasan SP V Talang Jimar, petugas melihat sebuah truk tangki terparkir ditengah jalan lantaran mengalami kerusakan.

Karena curiga, petugas lalu mendekati mobil itu dan kemudian langsung mengintrogasi Agus Wibowo pengemudi mobil tersebut. Saat diintrogasi petugas tersebut, Agus terlihat panik langsung saja petugas memeriksa isi tangki dan ternyata penuh berisi minyak hasil curian.

Selanjutnya, petugas langsung membawa Agus ke kantor security pertamina. Lantaran lokasi kejadian berada di wilayah hukum Polsek Lembak, kemudian Agus langsung dilimpahkan Kapolsek tersebut. Disaat polisi sedang menginterogasi Agus, datanglah BH dan kawan-kawan di Polsek Lembak dengan maksud hendak mengurus agar Agus dapat bebas.

Ketika itulah, sopir mobil ini memberitahukan kepada petugas bahwa BHlah yang menyuruhnya mengangkut minyak hasil curian itu. Mendengar pengakuan Agus, petugas langsung mengamankan wanita yang tinggal di Palembang ini untuk dimintai keterangan.

“Aku Cuma disuruh dio (BH, red) untuk membawa minyak ini pak, aku dak tahu menahu kalau minyak ini hasil curian aku Cuma ngambil upahan angkut saja pak,” kata Agus kepada petugas yang mengintrogasinya.

Kapolres Muara Enim, AKBP Hendra Gunawan melalui Kapolsek Lembak, AKP Aidil Fitri ketika dikonfirmasi membenarkan, saat ini pihaknya tengah menangani kasus dugaan illegal taping. “Saat ini pelaku masih kita mintai keterangan, jika terbukti tentunya akan kita jerat dengan undang-undang yang berlaku,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses