Tinggal Nama, Danau Teluk Gelam Terbengkalai

Tinggal Nama, Danau Teluk Gelam Terbengkalai
Salah satu rumah knockdown dikawasan Danau Teluk Gelam, yang tidak terawat dan terbengkalai. foto : Nurmuin/palembang pos
Posted by:

KAYU AGUNG- Obyek wisata andalan Kabupaten OKI, Danau Teluk Gelam dulu pernah berjaya pada masanya, dan pernah dua kali menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional, kini hanya tinggal kenangan.

Kegiatan PON ke-16 tahun 2004, dan Jambore Nasional Gerakan Pramuka tahun 2011, seakan tidak mampu membuat pengelolaan Danau Teluk Gelam, menjadi lebih baik. Hal ini semakin diperparah dengan “hengkangnya” PT Eljhon sebagai pengelola Teluk Gelam.

Pantauan di lapangan, objek wisata Teluk Gelam yang terletak di Jalan Lintas Timur, Kecamatan Teluk Gelam, OKI itu, tidak terawat. Karena keterbatasan dana dan tenaga, tidak ada lagi yang beroperasi. Termasuk saat ini Hotel Kembar. Sementara beberapa wahana permainan, seperti Bianglala, Carrousel, dan Dragon Coaster, water sport, bahkan fasilitas outbond, dan kolam renang yang sebelumnya sudah tersedia, sekarang tidak lagi beroperasi.

Rumah Knockdown yang dibangun di pinggir danau, sama sekali tidak terawat. Bahkan ada dua unit rumah yang hangus terbakar pada saat musim kemarau tahun lalu. Sebelum dikelola pihak ketiga sejak Mei 2010 lalu, wisata danau alami ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKI, dan BUMD Bende Seguguk.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) OKI Daud SIp MSi, membenarkan jika Pemkab OKI sedang membentuk tim evaluasi untuk mengkaji ulang kerjasama dengan PT El Jhon yang sekarang ini sudah gulung tikar. Sementara Anggota DPRD OKI H Amirsyah SH, meminta agar ada langkah jelas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan potensi objek wisata yang ada di Bumi Bende Seguguk. (jem)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses