TKA Dikenai Retribusi

TKA Dikenai Retribusi
Posted by:

Prabumulih, Palembang Pos.-
Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 97 Tahun 2012 tentang Retribusi Pengendalian Lalu Lintas dan Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) berencana mengusulkan Peraturan Daerah.
Kepala Disnakertrans kota Prabumulih, Zulkifli AB mengatakan, jumlah TKA kemungkinan akan bertambah seiring munculnya berbagai perusahaan swasta bergerak di sektor pertambangan.
“Sektor ini memang banyak membutuhkan tenaga ahli dari luar negeri. Maka itu, kita bahas penarikan retribusi TKA yang bekerja di kota Prabumulih,” ujar Zulkifli, kemarin.
Zulkifli menjelaskan, retribusi perpanjangan izin mempekerjakan TKA, sebelumnya merupakan penerimaan negara bukan pajak. Namun berbagai pertimbangan, diserahkan kepada Pemerintah daerah untuk melakukan pungutan.
“Jadi ini potensi penerimaan retribusi daerah, terutama peningkatan jumlah tenaga asing di kota Prabumulih khususnya sektor pertambangan,” tuturnya.
Masih kata Zulkifli, penarikan retribusi bukan semata sebagai tambahan Pendapatan Asli Daerah, tapi juga lebih pada pemaksimalan fungsi Pemerintah.
“Kita berfungsi memberikan pembinaan, pengaturan, pengawasan dan pengendalian. Dengan peran itu, keberadaan TKA tak hanya meramaikan perekonomian saja tapi juga menularkan ilmu kepada tenaga kerja lokal,” pungkasnya.
Selain menertibkan TKA, dengan adanya Perda tersebut dapat menambah pendapatan asli daerah. “Secara tidak langsung, pendapatan daerah juga meningkat,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses