TP PKK Harus Ciptakan Produk Unggulan

TP PKK Harus Ciptakan Produk Unggulan
Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD meninjau hasil kerajinan tangan anggota TP PKK Lahat
Posted by:
EMPAT LAWANG – Melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya sebagai ketua TP PKK Sumsel dan Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Febrita Herman Deru dan Fauziah Mawardi Yahya beserta rombongan kembali mengunjungi kabupaten Empat Lawang dan kota Lubuk Linggau mulai 31 Oktober-1 November 2018.

Kedatangan Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru dan Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya beserta rombongan disambut begitu antusias oleh Ketua TP PKK Empat Lawang Hepy Safriani Joncik dan Wakil Ketua TP PKK Empat Lawang Putri Sari Dewi Yulius  berikut seluruh anggota PKK se-kabupaten Empat Lawang di pendopoan kabupaten Empat Lawang.

Tiba di pendopoan kabupaten Empat Lawang, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru langsung bersilaturahmi bersama Ketua TP PKK Empat Lawang dan seluruh anggota PKK se-kabupaten Empat Lawang.

Dalam ajang silaturahmi ini, ibu empat putri itu mengatakan kabupaten Empat Lawang adalah kabupaten pemekaran, sama halnya dengan kabupaten OKU Timur tempat dirinya pernah menjabat sebagai ketua TP PKK OKU Timur selama dua periode. Menurutnya, sebagai daerah pemekaran peran serta TP PKK sangat penting untuk membangun daerah.

“Sebagai daerah pemekaran, Empat Lawang kini tergolong maju. Peran TP PKK sangat diperlukan untuk membangun daerah agar setara dengan daerah lainnya di Sumsel”,  tegasnya.

Febrita Deru juga meminta agar ketua TP PKK Empat Lawang dapat mengajak seluruh personil PKK Empat Lawang untuk dapat bekerja bersama untuk kemajuan daerah.

Tak hanya itu, Febrita Deru pun menghimbau sekaligus meminta kepada TP PKK Empat Lawang agar mampu menciptakan produk unggulan yang dapat menjadi penanda sebagai ciri khas Empat Lawang.

“Upayakan agar TP PKK Empat Lawang mampu menciptakan produk lokal unggulan yang dapat menjadi ciri khas Empat Lawang, baik itu makanan ataupun produk lainnya”, kata Febrita Deru.

Wanita berusia 52 tahun tersebut menjelaskan, “jika Lempok adalah makanan khas Empat Lawang, maka dapat dibuat terobosan baru, misalnya dengan membuat Lempok seukuran permen, kemudian dikemas semenarik mungkin”.

Begitu pun dengan kopi Empat Lawang, diusulkannya agar varian kopi Empat Lawang memiliki cita rasa strawberry misalnya, sebagaimana Linggau memiliki kopi duren.

Kunjungan kerja tim PKK Sumsel di kabupaten Empat Lawang atau juga dikenal sebagai bumi Saling Keruani Sangi Kerawati mendapat sambutan yang luar biasa dari tim PKK Empat Lawang.

Ketua TP PKK Empat Lawang  Hepy Safriani Joncik menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan tim PKK Sumsel dan akan berupaya untuk meningkatkan kinerja TP PKK Empat Lawang serta mensinergikan program kerja PKK Empat Lawang dengan program kerja pemkab Empat Lawang pun dengan program kerja PKK provinsi.

“Bupati Empat Lawang memiliki visi  Empat Lawang Madani – Makmur, Damai, dan Indah. Maka dari itu PKK Empat Lawang akan mewujudkan visi tersebut, dengan tetap mensinergikan program PKK Sumsel”, kata Hepy Safriani Joncik.

Masih di hari yang sama, pada selasa (31/10) siang, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru bersama Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya kembali meneruskan rangkaian kunjungan kerja di kota Lubuk Linggau.

Di kota Lubuk Linggau, rombongan tim PKK Sumsel disambut langsung oleh Ketua TP PKK Lubuk Linggau Yetty Oktarina Prana didampingi Wakil Ketua TP PKK Lubuk Linggau Sri Haryati Sulaiman.

Bertempat di kantor sekretariat PKK Lubuk Linggau, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru bersilaturahim bersama TP PKK Lubuk Linggau. Dalam kesempatan tatap muka secara langsung ini, Febrita Deru mengajak tim PKK Lubuk Linggau untuk berfokus pada satu bidang lomba yang menjadi unggulan PKK Lubuk Linggau.

“Dari berbagai kegiatan lomba-lomba yang diadakan PKK Sumsel, tim PKK Lubuk Linggau bisa berfokus pada satu bidang saja, namun yang menjadi program unggulan dari PKK Linggau. Misalkan PKK Lubuk Linggau unggul dalam Posyandu, maka pembinaan terhadap Posyandu dapat ditingkatkan, hingga nantinya dapat diikutsertakan  pada kegiatan lomba PKK tingkat provinsi hingga nasional”, jelasnya.

Dengan tak bosan-bosannya, seperti pada kunjungan kerja di kabupaten/Kota sebelumnya, Febrita Deru  meminta agar Ketua TP PKK Lubuk Linggau dapat menciptakan produk unggulan yang menjadi ciri khas daerah masing-masing, baik itu produk makan olahan, ataupun produk tekstil seperti kain songket motif duren dan batik duren khas Lubuk Linggau.

Sementara Ketua TP PKK Lubuk Linggau Yetty Oktarina Prana menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan tim PKK Sumsel di kota Lubuk, dan apresiasinya atas masukan juga saran yang diberikan Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru.

Yetty Oktarina Prana mengaku meski telah cukup lama berkecimpung dalam organisasi PKK, dirinya masih memiliki kekurangan dan masih perlu belajar terus menerus, ” Meski saya telah berkecimpung cukup lama dalam PKK, ternyata saya masih memiliki kekurangan dan kelemahan. Terutama dalam bidang mengorganisir administrasi PKK”, ujarnya.

Selanjutnya, pada putaran pertama kunjungan kerja tim PKK Sumsel kabupaten terakhir yang dikunjungi adalah kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dipimpin langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya.

Di Muratara, tim PKK Sumsel disambut langsung oleh Ketua TP PKK Muratara Lia Mustika Syarif di kantor sekretariat PKK Muratara.

Dalam silaturahim dan kunjungan kerja ini, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya mengatakan kunjungan kerja ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung  kebutuhan PKK kabupaten/kota. “Kunjungan kerja yang kami lakukan ini sebagai upaya jemput bola untuk mengetahui secara langsung apa saja yang menjadi kebutuhan bagi TP PKK kabupaten/kota. Ini disebabkan masing-masing kebutuhan kabupaten/kota berbeda”, jelasnya.

Fauziah Mawardi Yahya berharap agar TP PKK Muratara dapat berperan aktif bagi masyarakat sebab PKK adalah mitra kerja pemerintah,  sekaligus dapat mensinergikan program kerjanya dengan pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi.

Sementara, Ketua TP PKK Muratara Lia Mustika Syarif menyambut baik kunjungan kerja Tim PKK Sumsel. “Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan tim PKK Sumsel di Muratara. Saya sendiri masih harus banyak belajar, karena baru berkecimpung dalam organisasi PKK selama satu tahun”, katanya.

Lebih lanjut Lia Mustika Syarif mengaku bangga atas prestasi yang berhasil dicapai TP PKK Muratara, lolos pada lomba kategori Posyandu dan lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Kami bangga dan bersyukur atas prestasi yang telah ditorehkan PKK Muratara berhasil lolos pada lomba kategori Posyandu dan PHBS, meskipun belum berhasil meraih juara”, ungkapnya.

Usai berdialog dan bersilaturahim, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya bersama tim PKK Sumsel berkesempatan meninjau ruang kerja sekretariat PKK Muratara dan mengunjungi stand pameran produk makanan dan kerajinan hasil karya para ibu PKK Muratara. (rel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses