Travel Palembang Minim Jual Destinasi Wisata

Travel Palembang Minim Jual Destinasi Wisata
Warga bersama PNS Pemprov melakukan gotong royong di Kampung Al Munawar, yang akan menjadi destinasi wisata kampung sehat. foto : Alhadi/palpres
Posted by:

PALEMBANG- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Sumsel, Irene Chamelyn Sinaga mengatakan, saat ini dari 238 izin travel yang ada di Sumsel, baru 20 travel yang menjual destinasi wisata daerah. Sedangkan selebihnya menjual objek wisata di luar.

“Menurut mereka (travel, red) destinasi wisata disini tak layak dijual. Ini sudah kami sampaikan ke Bapak Gubernur Sumsel. Sesuai arahan beliau, kita harus segera membangun destinasi wisata disini agar layak jual,’’ tegas Irene.

Apalagi, lanjut Irene, Sumsel akan banyak even yang berpeluang untuk menarik wisatawan ke sini, mulai dari Asian Games 2018 dan yang paling dekat adalah Gerhana Matahari Total pada Maret 2016.

“Bahkan, untuk gerhana matahari total, ribuan wisatawan asing dari Inggris dan Amerika siap datang. Karena itu, mulai sekarang kami akan lakukan penataan destinasi wisata salah satunya menata Kampung Al Munawar menjadi kampung wisata,” ungkap Irene.

Tahun ini, menurut Irene, dari 28 titik di pinggiran Sungai Musi, akan dibangun destinasi wisata di 5 titik dahulu. “Kelima titik itu yakni Kampung Al Munawar, 1 Ulu, Kampung Kapiten, 34/35 Ilir, dan 10 Ulu. Titik-titik itu harus memenuhi syarat untuk dijadikan destinasi wisata, selain punya story wisatanya, bangunan-bangunannya, bernilai heritage dan bernilai sejarah,’’ ujar Irene. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses