Tugu Belido Dipotong dan Dilapisi Perak

Tugu Belido Dipotong dan Dilapisi Perak

PALEMBANG- Pembangunan Tugu Belido saat ini terus dikebut. Pasalnya, rencananya ikon baru wisata di Kota Palembang ini, akan dilaunching pada 13 Agustus mendatang.

Stephanus Alvin, Project Manager Pembangunan Tugu Belido mengatakan, tugu belido sudah tiba di Palembang Sabtu (22/7/2017) malam lalu. Saat ini, tugu sedang dirapikan dan akan dilapisi dengan perak. “Sebenarnya waktu di Boyolali itu sudah dirangkai. Namun, ternyata tidak bisa masuk ke truk saat akan dibawa ke Palembang. Akhirnya, kembali dipotong-potong. Sekarang, sedang dirangkai lagi dan nanti akan dilapisi perak,” jelas Alvin.

Saat ini secara keseluruhan, lanjut dia, tugu belido sudah rampung lebih dari 90 persen. Sisanya, tinggal pemasangan patung ikan belido.
“Patung belido ini dibuat dari besi baja yang dilapisi tembaga dengan tinggi sekitar 9 meter,” jelas Alvin.

Diakui Alvin, sebelumnya pembangunan sempat terkendala karena adanya pergeseran lokasi pembangunan. “Ada perubahan lokasi, karena lokasi awal itu disebut masuk cagar budaya. Karena ada perubahan, jadi kita sempat terhenti pengerjaannya dua bulan. Karena, untuk pindah lokasi itu butuh waktu untuk mengecek kondisi tanah. Tapi, sekarang sudah tidak ada kendala lagi,” jelas Alvin.

Alvin menambahkan, karena pembangunan tugu ini dari dana corporate social responsibility (CSR) PTBA sebesar Rp 3,3 miliar, maka nanti di tugu juga akan dibuat lambing PTBA. “Karena ini memakai dana CSR PTBA,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, dengan adanya tugu belido ini, diharapkan akan menjadi ikon baru wisata untuk Kota Palembang.

“Ikon baru ini kami pastikan akan sangat luar biasa. Seperti Merlion Park yang ada di Singapura, kalau di Palembang menggunakan ikan belido, akan menyemprotkan air dari mulutnya mengarah ke sungai musi sepanjang 50 meter,” ungkap Harnojoyo. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply