Ubah Pola Penyaluran Raskin



Ubah Pola Penyaluran Raskin


Posted by:

Muba, Palembang Pos. –
Meminimalisir penyimpangan dalam penyaluran beras untuk masyarakat miskin (Raskin). Perlu dilakukan terobosan baru, yakni perubahan pola distribusi yang lebih mudah dan tepat sasaran.
“Tahun ini, kita ubah pola penyaluran Raskin dengan memangkas jalur distribusi. Kalau sebelumnya dari kecamatan melalui desa baru disalurkan ke dusun. Kali ini, dari kecamatan langsung disalurkan ke dusun,” ujar Camat Sungai Lilin, Iskandar Syahrianto, kemarin.
Menurutnya, pemangkasan jalur distribusi agar lebih efektif dan efisien, juga diharapkan lebih tepat sasaran kepada rumah tangga sasaran (RTS) yang memang berhak mendapatkan Raskin. “Kita harapkan juga dapat meminimalisir berbagai bentuk penyimpangan saat pendistribusian berlangsung,” harapnya .
Adapun jumlah atau kuota Raskin tahun ini untuk 15 desa yakni 38.640 Kg dengan jumlah RTS 2.576 tersebar 15 desa. Desa Sunga Lilin penerima terbanyak 4.400 RTS dengan jumlah Raskin 6.600 kg.  “Desa paling sedikit menerima Raskin adalah Desa Cinta Damai, 19 RTS dengan jumlah raskin 285 kg,” urainya.
Sementara, berdasarkan data jumlah pagu Raskin pada 2014 di Kabupaten Muba, mencapai 6.037.200 Kg diperuntukkan bagi 14 kecamatan. “Jumlah Raskin tahun ini, tak mengalami perubahan atau sama dengan tahun lalu,” ujar Kepala Bagian Administrasi Pembanguan dan Perekonomian Setda Kabupaten Muba, Zulkarnain.
(omi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses