UIN Kembali Buka USM Gelombang Kedua

UIN Kembali Buka USM Gelombang Kedua
Posted by:

 

 

* Kuota Belum Tercukupi

 

PALEMBANG – Karena banyaknya minat masyarakat yang tertarik kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, maka Rektor UIN kembali membuka Ujian Saringan Mandiri (USM) gelombang kedua, yang akan diadakan selama empat hari, terhitung dari tanggal 7-10 Agustus 2018.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Drs. H.M Sirozi, MA., Ph.D mengatakan jika pihaknya telah melakukan rapat terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) USM gelombang kedua. “Kami sudah melakukan rapat dengan panitia PMB Senin lalu, kemudian hasilnya adalah masih ada beberapa fakultas yang masih bisa menerima mahasiswa baru meskipun tidak seluruh fakultas. Untuk itu kami akan membuka USM gelombang kedua mulai tanggal 7 sampai tanggal 10 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan jika USM gelombang kedua ini hanya dibuka untuk beberapa jurusan dari beberapa fakultas. “Karena memang masih ada jurusan yang kuotanya belum cukup, sehingga sangat memungkinkan kita untuk membuka kembali USM gelombang kedua ini agar semua kuota di setiap jurusan dapat terpenuhi,” tambahnya.(Senin, 7/8/18).

Sirozi juga menjelaskan, faktor utama penyebab beberapa jurusan belum terisi secara maksimal kuotanya adalah karena calon mahasiswa baru (maba) tidak melakukan registrasi ulang. Maka dari itu, pihak kampus memberikan solusi dan kesempatan lagi kepada calon maba dengan membuka USM gelombang kedua ini.

Sementara Kepala Biro AAKK (BAAKK) UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Fasta menjelaskan jika USM gelombang kedua ini hanya untuk jurusan yang belum terisi kuotanya. “Jadi USM gelombang kedua ini hanya untuk program studi (Prodi) yang kuotanya belum mencukupi, terhitung ada 9 prodi saja yang tersisa (yang kuotanya belum tercukupi), yaitu prodi akidah filsafat, studi agama-agama, ilmu hadits, tasawuf dan psikoterapi, manajemen dakwah, pengembangan masyarakat islam, perbandingan mazhab, manajemen zakat dan wakaf, dan alih program perbankan syariah dari D3 ke S1,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan jika pendaftaran dilakukan secara online melalui www.pmb.radenfatah.ac.id, namun camaba harus melakukan registrasi pembayaran sebesar Rp300 ribu, melalui Bank Sumsel Babel Konvensional atau Sumsel Babel Syariah, BRI Syariah serta Mandiri Syariah.

“Jadi secara keseluruhan, UIN sudah membuka secara resmi USM gelombang kedua dengan 9 program studi. Manfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin dan jangan sampai terlambat. Karena UIN tidak akan membuka lagi pendaftaran, mengingat awal September 2018, perkuliahan sudah mulai aktif kembali,” tutupnya.(str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses