Unsri Miliki 128 Guru Besar

Unsri Miliki 128 Guru Besar
Posted by:

PALEMBANG – Seiring setiap tahun Universitas Sriwijaya melahirkan para guru besar, diketahui Unsri terus memotivasi Dosennya untuk terus menjadi Guru Besar. Pasalnya Unsri telah memiliki 128 Guru Besar. Tahun ini Prof Dr Elfita MSi sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kimia (Kimia Organik) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).
Usai dilakukan temui usai pengukuhan guru besar ke lima pada fakultas MIPA Unsri,Prof Dr Elfita mengatakan dalam penemuannya kali ini mengangkat persoalan peluang jamur endofitik dan tumbuhan obat sebagai sumber senyawa bioaktif. “Beragam dan kompleksnya penyakit yang timbul dikalangan masyarakat, hal iilah yang menuntut para peneliti menggali potensi alam tumbuh-tumbuhan,” katanya.
Eksplorasi senyawa bioaktif dari tumbuh-tumbuhan umunya memberikan rendemen yang rendah sehingga menjadi kendala dalam pengembangan senyawa-senyawa tersebut di bidang medis, pertanian, dan industri. “Selain itu senyawa pontesial tersebut sering berasal dari tumbuhan obat yang sulit dibudidayakan diantaranya berasal dari tumbuhan endemik atau dari tumbuhan langka yang telah dilindungi populasinya bahkan juga berasal dari tumbuhan yang panjang masa tumbuhnya. “Riset ini akan terus di kembangkan,” jelasnya.
Sementara itu, Rektor Unsri Profesor Anis Saggaf MSCE mengatakan ditahun ini Unsri bangga lantaran, pada tahun 2018 ini kembali menambah guru besar ke 128, namun jumlah ini ada yang pensiun dan ada yang diberdayakan kembali sesuai peraturan menteri no.44 tahun 2015. “Saat ini unsri telah menganalisi secara penuh sekitar 360 dosen telah berstatus Doktor, apalagi sekarang letkol kepala yang tinggal selangkah lagi menjadi profesor dengan menulis dan membuat jurnal internasional,” katanya.
Guna mendorong para Dotor yang berstatus letkol kepala pihaknya telah membentuk tim dengan target jumlah tersebut bisa mencapai 50 persen menjadi profesor. “Diaraihnya akreditasi A sebagai upaya mengejar status World class University (WCU), Universitas bertaraf Internasional yang menjadi salah satu syarat. Dosen harus bergelar Doktor,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses