Unsri Sediakan 80 Kursi SBMPTN CBT

Unsri Sediakan 80 Kursi SBMPTN CBT
Rektor Unsri Prof Dr Ir Anis Saggaff MSCE didampingi Ketua Panlok SBMPTN Unsri, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA dan Humas SBMPTN Unsri Prof Alfitri MSi. Foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Dalam tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Sriwijaya (Unsri) akan menyediakan 80 komputer. Soalnya tahun ini pelaksanaan tes SBMPTN menggunakan sistem Computer Bassed Test (CBT).

Rektor Unsri Prof Dr Ir Anis Saggaff MSCE mengatakan untuk sekarang sudah 50 peserta yang mendaftar SBMPTN dengan sistem CBT untuk tes nantinya, masih ada 30 peserta lagi yang bisa memilih sistem tes CBT. Meskipun Unsri melaksanakan tes SBMPTN menggunakan sistem CBT, pihaknya tetap menyediakan Paper Bassed Tes (PBT) bagi peserta CBT. “Ini antisipasi kalau nantinya terjadi trouble (masalah), apalagi ini tahun pertama Unsri menyelenggarakan tes SBMPTN menggunakan sistem CBT,” katanya.

Lanjutnya, pada 25 April lalu, jumlah pendaftar peserta SBMPTN sudah mencapai 363 orang. Ada 76 PTN di Indonesia yang mengusulkan melaksanakan tes SBMPTN menggunakan sistem CBT, namun 30 PTN mendapatkan restu dari pihak Majelis Rektor Indonesia. “Ada keuntungan dan kekurangan dalam menggunakan sistem CBT ini, diharapkan tidak menemukan kendala dan segala persiapan sudah kami lakukan,” ungkapnya.

Pendaftaran SBMPTN ini nantinya akan ditutup pada 9 Mei mendatang, bagi peserta yang ingin mendaftar SBMPTN harus mengakses laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. “Setelah itu peserta diwajibkan menyetor uang di bank BNI atau mandiri sebesar Rp200 ribu untuk memilih tiga prodi,” bebernya.

Sementara itu, ditambahkannya, Ketua Panitia lokal SBMPTN Unsri, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan dalam pelaksanan ujian CBT ini hanya ditujukan pada pilihan Soshum dan Saintek. Sedangkan untuk pilihan campuran tak bisa mengunakan sistem CBT. Selain itu, bagi peserta yang kurang paham akan pelaksanan ujian sistem CBT ini bisa mendownload langsung di laman SBMPTN tadi.

“Nanti sebelum mulai pelaksanan ujian, akan ada waktu 10 menit bagi peserta untuk mengenal cara ujian CBT. Selain itu peserta bisa belajar langsung lewat aplikasi mini test yang bisa didownload secara cuma-cuma untuk digunakan latihan di rumah,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses