Wajib Realisasikan Janji Politik

Wajib Realisasikan Janji Politik
Posted by:

PALEMBANG – Sebanyak 7 kepala daerah (Bupati-Wabup) hasil Pemilukada serentak 9 Desember 2015 lalu, kini dinyatakan resmi terpilih sesuai dengan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing daerah. Hal ini diputuskan setelah turunnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).
Untuk itu, para kepala daerah terpilih ini dituntut segera melaksanakan janji kampanyenya setelah resmi dilantik nanti. Janji sama artinya dengan sumpah, oleh sebab itu siapapun yang telah mengucapkan janji wajib untuk melaksanakannya.
“Jadi janji-janji itu harus mereka laksanakan saat mereka terpilih menjadi kepala daerah. Karena, diakui atau tidak janji politik yang mereka sampaikan, juga menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat memilih kepala daerah tersebut,” kata Pengamat Politik Sumsel, Prof Amzulian Rivai, kepada koran ini kemarin.
Kalau kepala daerah diwajibkan untuk melaksanakan janjinya, maka masyarakat juga harus senantiasa mengingatkan kepala daerah mengenai janji tersebut.
“Jadi, harus ada kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah, agar janji-janji politik itu dilaksanakan. Masyarakat bisa mengingatkan pemerintah mengenai janjinya melalui surat, datang langsung, melalui LSM atau media massa,” kata pria yang terpilih sebagai ketua Ombudsman Indonesia tersebut.
Tidak hanya itu, lanjut Amzulian, anggota dewan juga mempunyai kewajiban untuk mengontrol dan mengingatkan pemerintah mengenai janji-janji politiknya, terutama janji yang menyangkut kepentingan masyarakat banyak.
Sementara itu terkait terpilihnya Popo Ali-Sholehien sebagai Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan periode 2016-2021, Giarto Budi Utomo salah satu warga OKU Selatan berharap dibawah kepemimpinan dua tokoh muda tersebut kabupaten OKU Selatan dapat lebih secara dari saat ini. Mengingat keduanya merupakan orang-orang cerdas dan berwawasan yang mendapatkan amanah dari masyarakat untuk memimpin Kabupaten OKU Selatan 5 tahun mendatang.
Sementara itu, Inama (54), warga Desa Pasenan, Kecamatan Terawas, Mura menyatakan, berakhirnya pesta demokrasi dan ditetapkannya pasangan H Hendra Gunawan dan Hj Suwarti sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mura lima tahun kedepan, juga melahirkan harapan baru bagi masyarakat untuk Mura lebih baik lagi kedepan.
“Sebagai warga dak banyak yang kami pintek, kami cuma mintek jalan kami diaspal pok baek, dem tu mintek naik harge parah,” ujar Inama.
Begitu juga di Ogan Komering Ulu (OKU). Pasca ditetapkannya pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) terpilih, Drs H Kuryana Azis dan Drs Johan Anuar SH MM atau dijuluki BEKERJA, oleh KPU setempat beberapa waktu lalu, ternyata langsung direspon positif oleh masyarakat di daerah tersebut.
Masyarakat pun mengaku menyambut gembira semua program baik jangka pendek maupun jangka panjang yang akan direalisasikan pasangan BEKERJA guna mewujudkan OKU Maju dan Gemilang.
Misalnya, Hermansyah (42), warga Kelurahan Air Gading, Kecamatan Baturaja Timur. Ayah dua anak yang sehari-harinya bekerja di show room jual beli mobil bekas ternama di Baturaja ini mengaku, sangat senang kalau pasangan BEKERJA segera mewujudkan program-programnya.
Salah satunya meningkatkan pelayanan PDAM OKU, sehingga seluruh warga Baturaja bisa menikmati air bersih dari perusahaan daerah tersebut.
“Selama ini kalau kemarau kami kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga terpaksa harus membeli. Karena itu, sangat besar harapan kami dalam waktu dekat masalah ini bisa diatasi,” katanya.
Pendapat serupa juga dikatakan Juyot (61), warga Kebun Jati, Kelurahan Saung Naga, Kecamatan Baturaja Barat. “Kalau ditempat kami pelayanan PDAM nya bagus, tetapi air yang didistribusikan sering keruh. Besar harapan kami kepada pasangan BEKERJA agar mengatasi persoalan ini,” katanya.
Sementara mengenai masalah kesehatan, Hermansyah dan Juyot mengatakan, sangat senang dan mendukung program BEKERJA yang ingin merelokasi RSUD dr Ibnu Sutowo Baturaja, serta meningkatkan statusnya dari C ke B.
“Wah kalau hal itu bisa segera terwujud, maka ini berarti pelayanan di bidang kesehatan yang akan dirasakan masyarakat bisa lebih baik dibandingkan sekarang. Kami sebagai orang awam sangat senang mendengarnya,” kata keduanya. (del/res/yat/len)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses