Wajib Tiba Sehari Lebih Awal

Wajib Tiba Sehari Lebih Awal
Kadisdik provinsi Sumsel beserta pihak Polda Sumsel melepas enam mobil kantor pos pendistribusian soal UN ke 16 kabupaten. Foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Dinas pendidikan (Disdik) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menghimbau kepada kabupaten/kota yang berada di wilayah perairan, untuk bisa mendistribusikan paket soal ke rayon masing masing paling lambat satu hari sebelum ujian. Pasalnya ada beberapa kabupaten/kota kondisi sedang musim air pasang atau tergenang dengan perairan, maka dari itu pengiriman dari ke sub rayon atau ke sekolah masing-masing pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebelumnya, pagi kamis kemarin, (31/3) pukul 06.30 WIB, Disdik Sumsel dan Dir Intel Polda Sumsel, secara resmi mendistribusikan paket soal Ujian Nasional (UN) ke 16 kabupaten/kota dengan menggunakan 6 buah mobil truk fuso full box berwarna orange milik kantor pos. Tercatat ada 6 kelompok truk fuso yang digunakan untuk pengiriman yang paket soal UN 2016 kali ini.

Kepala Disdik Sumsel, Drs Widodo MPd disela-sela pelepasan distribusi paket soal UN SMA/SMK mengatakan ada 6 mobil kantor pos dilibatkan dalam pengiriman naskah UN, akan tetapi dari masing-masing ada 3 kabupaten yang dialihkan pengiriman ke Muara Enim seperti Muratara, Musi Rawas, Libuk Linggau, soalnya jalannya rusak, dari pada ambil resiko ada apa-apa diperjalanan nanti makanya itu kita alihkan.

“Paling lambat besok semua sudah sampai di Sub rayon di masing-masing kabupaten/kota. Kita harapkan bagi kabupaten yang terkenal dengan perairan untuk segera cepat berkoordinasi antara diknas kabupaten dan rayon untuk mendistribusikan soal, sebab kita minta soal paling lambat H-1 sudah di sekolah,” katanya.

Untuk rute pengiriman masih tetap menggunakan rute lama yakni 7 rute yang ada, dimana untuk kota Palembang proses distribusi soal baru dilakukan pada 2 April mendatang. Bahwa pihak percetakan akan diminta untuk stand by 24 jam di lokasi penyimpanan, guna mengantisipasi kecacatan atau ketidakbacaan paket soal dan LJUN. “Disini juga kita himbau, masyarakat dan pelajar jangan percaya dengan isu kebocoran soal. Pasalnya, tidak zaman lagi untuk berbuat curang. Karena pihak puspendik akan memberikan hukuman bagi sekolah yang berlaku curang,” bebernya.

Sementara itu, untuk jumlah total koli paket yakni 1956 yang terdiri dari, kota Palembang sebanyak 356 koli, Lubuk Linggau 92 koli, Pagaralam 45 koli, Prabumulih 65 OKU 111 koli , lalu OKI 162 koli, Muaraenim 126 koli, Lahat 115 koli, Musirawas 90 koli, Musi Banyuasin 144koli, Banyuasin 148 koli, OI 102,OKU Timur 173,OKU selatan 79, Empat lawang 59, Pali 53, dan Musirawas utara 36 koli.

“Perlu diketahui di Sumsel pelaksanaan UN SMA akan diikuti sebanyak 67.704 peserta dari jenjang SMA/MA, 16.653 siswa SMK, dan paket C 6.700 peserta. Untuk pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini di Sumsel akan diikuti sebanyak 81 SMA/SMK,” ungkapnya.

Mengenai banjir di MuraTtara laporan dari Kadisdikpora Muratara bahwa SMAN Bingin Teluk tidak terkena banjir, sehingga dengan demikian SMA tersebut tetap siap untuk melaksanakan UN scr serentak. Terpisah, Dir Intel Polda Sumsel, Budi Darmawan, megatakan, aparat kepolisian daerah (Polda) Sumatera Selatan tak main-main dalam menjaga keamanan distriubsi soal ujian nasional. Pihaknya mengerahkan 50 anggotanya untuk ikut mengamankan proses pengiriman paket soal ke 16 kabupaten/kota di Sumsel. Ditambahkannya, pengawasan pengiriman soal UN dilakukan dengan penuh koordinasi , tidak hanya dari tingkat polsek, polres hingga polda semuanya akan memantau langsung pengiriman soal UN.

“Di setiap Truk fuso, kita siapkan 1 polisi untuk mendampingi, sedangkan 2 lainnya ikut mengiringi menggunakan mobil minibus, ini dilakukan sampai menuju kabupaten masing- masing,” tegasnya.

Dirinya pun memastikan, dalam setiap rute pengiriman yang ada, tidak akan ditemukan jalur rawan. “Semuanya, jalur dipastikan akan aman dan tanpa kendala, sesuai dengan pengiriman di tahun sebelumnya,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses